Senin, 29 September 2014

Rusa di Rumah Panggungku

 Siapa yang tidak tahu nama hewan di atas? ya, semua pasti bisa menebak nama hewan tersebut adalah Rusa. hewan mamalia pemamah biak (ruminan) ini banyak kita temukan di hutan dan biasa kita bisa menemukan secara langsung di kebun binatang-kebun binatang yang ada di Indonesia.


Tinggal di pedalaman bagiku ada beberapa  keunikan yang berkesan, salah satunya adalah liarnya hewan-hewan namun tidak mengganggu atau menyakiti masyarakat. hewan-hewan yang sering berseliweran di jalanan Sasari-Distrik Tomu-Kabupaten Teluk Bintuni-Papua Barat adalah anjing, babi, rusa, kambing, sapi, aves (burung).

Seluruh hewan tersebut sebagian memang bukan hewan yang buas dan sering kita temukan dimana-mana, namun ada satu hewan yang menurut saya jarang ditemukan di jalanan umum, yaitu rusa. di distrik Tomu memang masih dikelilingi hutan lindung yang asri sehingga hewan rusa begitu mudah kita temukan, padahal di daerah perkotaan dan Jawa hewan ini termasuk yang dilindungi dan hanya terdapat di kebun binatang saja.

Masyarakat mengkonsumsi daging rusa sebagai makanan utama untuk daging, karena selain harganya murah (Rp 30.000/kg) di sana iak ada daging sapi. Rasanya tidak kalah enak dengan daging sapi maupun kambing namun kolesterolnya juga perlu dipertimbangkan jika ingin mengkonsumsi daging rusa. daging rusa bisa diolah menjadi aneka kuliner seperti bakso, sate, gulai, konro, cotto makassar, steak dan lain-lain sebagai pengganti daging sapi.

Tidak ada komentar: