Minggu, 12 Oktober 2014

Rayuan Pulau Kelapa Rusia Vers

Berat banget dilihat dari judul di atas ya? tapi tidak seberat mengangkat beras sepuluh karung koq hehe ...just kidding

Berawal dari menyaksikan acara Indonesia Mencari Bakat 2014 yang diselenggarakan salah satu TV swasta, biasanya saya kurang begitu mengikuti dan biasa-biasa saja terhadap acara tersebut, namun mata ini terpana oleh penampilan si ganteng "Rega Dauna" sosok 17 tahun yang menawan dengan jargonnya "Hidup Jomblo" haha dasar anak sekarang ya....eits bukan Rega yang akan saya bahas di sini tapi tamu istimewa yang hadir pada Hari Sabtu, 11 Oktober 2014 kemarin (late post), yaitu Duta besar RI untuk Rusia  dan sekretarisnya (Lisa asli Rusia).

Mereka diberi kesempatan untuk megomentari para peserta dan ternyata Miss Lisa fasih menggunakan Bahasa Indonesia, bahkan sangat pandai menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa versi Latinnya (Kita wajib hafal versi Indonesianya lho?). Bangga sekali ternyata lagu kebanggaan Indonesia telah dikenal turun temurun sejak tahun 1960-an di Rusia-Moskow, tidak hanya supir taxi saja tapi kalangan akademisi di Rusia juga mengenal lagu ini.

Lagu karya Ismail Marzuki ini baru saya sadari dan maknai isinya begitu mendalam sebagai kearifan Nasional sebagai identitas Negara kita dan sangat ear catching lho! Kalau Negara Asing hafal liriknya, maka generasi Indonesia juga harus wajib menghafalnya terutama anak-anak dan remaja saat ini yang banyak terpengaruh lagu Asing hingga lupa lagu Kebangsaannya sendiri.


Saya mencoba googling lirik lagunya dalam versi Indonesia dan Latin agar semakin meningkatkan Nasionalisme saya, semoga bermanfaat ya *_*

Rayuan Pulau Kelapa

Ciptaan: Ismail Marzuki


Tanah airku Indonesia
Negeri elok amat kucinta
Tanah tumpah darahku yang mulia
Yang kupuja sepanjang masa

Tanah airku aman dan makmur
Pulau kelapa yang amat subur
Pulau melati pujaan bangsa
Sejak dulu kala

Reff:
Melambai lambai
Nyiur di pantai
Berbisik bisik
Raja Kelana


Memuja pulau
Nan indah permai
Tanah Airku Indonesia


Latin Vers
Moryami tyoplymi omytaya,
Lesami drevnimi pokrytaya,
Strana rodnaya Indoneziya,
V serdtsakh lyubov' k tebe khranim.

Tebya luchi laskayut zharkiye,
Tebya tsvety odeli yarkiye,
I pal'my stroynyye raskinulis'
Po beregam tvoim.

Pesnya vdal' techyot,
Moryaka vlechyot
V poludyonnyye tvoi kraya.
I krasot polna,
V serdtse ty odna,
Indoneziya - lyubov' moya.
(Dua kali) 

Masih banyak lagu kebangsaan Indonesia yang membanggakan di Negara Asing bahkan telah dirubah sesuai bahasa mereka. Saatnya kita tingkatkan Nasionalisme kita, semoga bermanfaat 


   

















2 komentar:

nur azizah perwitasari mengatakan...

lagu Rayuan Pulau Kelapa, wow sangat aku suka lagu ini ki. kalau aku nyanyikan begitu sangat indah. siip.... I Love always my Country Indonesia :-)

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

Aku malah hafalnya gara-gara lihat IMB ini hehe...perlu memupuk Nasionalisme lagi nih