Rabu, 26 November 2014

5 Herbal Untuk Mengatasi Sariawan pada Anak

Sariawan Pada Anak (Sumber: pondokibu.com)

Ada pepatah bilang "Lebih Baik Sakit Hati daripada Sakit Gigi", tapi menurutku lebih baik sakit dua-duanya daripada kena sakit sariawan, ampun deh sakitnya super cenut dan perih, apalagi jika terjadi pada anak kita, gak tega deh.

Penyebab sariawan pada bayi dan anak-anak itu sendiri bermacam-macam dan yang paling utama adalah karena intoleransi terhadap makanan dan minuman yang banyak mengandung protein, seperti susu dan telur. Kemudian penyebab lainnya adalah karena bunda tidak segera membersihkan sisa air susu disekiar mulut bayi, sehingga iritasi. Pada orang dewasa penyebabnya juga sama namun bisa jadi karena kegigit saat makan, tertusuk sikat gigi, dll.

Pengobatannya bisa secara herbal maupun instan, namun yang instan terasa perih sekali dan pastinya ada bahan yang nantinya berbahaya.

Sekarang saatnya "Back to Nature" memanfaatkan herbal untuk pengobatan sariawan, yaitu:
  1. Yogurt. Yogurt yang dimaksud adalah tanpa  rasa, karena mengandung bakteri Acidopilus yang berfungsi menyembuhkan sariawan dan memberikan efek dingin, rasanya asam. 
  2. Madu. Jika anak tidak suka rasa asam, maka madu murni menjadi solusinya karena sebagai antiseptik alami.
  3. Bawang Putih. Bawang putih memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi dan sebagai antibakteri alami. Caranya diparut kemudian ditempel pada sariawan.
  4. Tomat. Tomat juga kaya Vitamin C, rasanya segar dan tidak terlalu asam.
  5. Air Garam. Air garam ini bisa jadi pilihan terakhir karena efek perih yang dirasakan. Cara membuatnya yaitu Air 100ml ditambah seperempat sendok garam. 

Silahkan mencoba di rumah, karena herbal di atas sangat mudah untuk mendapatkannya bahkan tersedia di dapur kita, Sariawan anak reda, bundapun lega.

1 komentar:

Jendral Adipta mengatakan...

Menjaga kesehatan payudara sangatlah penting untuk terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang bisa menyerang payudara Obat Bisul di Payudara Paling Ampuh