Senin, 10 November 2014

Catteliya Si "Beautiful Purple Orchid"

Alhamdulillah setelah kemarau datanglah hujan, musim hujan datang bunga-bungapun bermekaran di pekarangan rumah, rumah terasa sejuk nan rindang dibuatnya. puji syukur berada di rumah ini membuatku lebih mengenal dan menyayangi berbagai tanaman, dulunya aku ndak suka banget sama bertanam-tanam ria lho.

Banyak tanaman yang tumbuh, namun di pagi hari yang dingin ada satu tanaman memikat hati karena berbunga  dengan warna sesuai favoritku, yaitu ungu. cantik banget dech namanya Anggrek Catteliya Sp. Cattleya adalah salah satu genus dari 42 spesies anggrek dari Kosta Rika sampai bagian Tropis Amerika Selatan, dan tergolong Famili Orchidaceae (wikipwedia.com).

Anggrek Catteliya pasca Hujan Pagi Hari
Anggrek ini hidup menumpang (epifit) pada kayu besar untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari secara langsung, karena tanaman ini membutuhkan panas matahari maksimal 4-5 jam sehari dan selebihnya hanya terpapar sdikit matahari. Di rumah, tanaman ini menempel di pohon Srikaya yang merupakan buah kesukaanku juga, hmm. Paparan sinar matahari yang sempurna dan penyiraman yang rutin akan membuat anggrek ini rajin berbunga.

Sudah tidak asing lagi bahwa tanaman anggrek menjadi buruan masyarakat pecinta bunga, karena selain keindahan bentuk dan warnanya, tumbuhan ini juga menjadi simbol keromantisan, kelembutan, kecantikan, keanggunan, WOW. 

Selain itu, Seperti yang dituliskan oleh Prof. J Bulpitt dalam artikelnya: The use of orchids in Chinese medicine, beberapa spesies anggrek seperti spesies anggrek Dendrobium (Dendrobium Moniliforme), Gastrodia Elata, Bletilla Striata, Anoectochilus formosanus, Cremastra Appendiculata, telah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional China.  juga dimanfaatkan sebagai herbal oleh sebagian besar masyarakat Cina (sakit demam, diabetes, saluran pencernaan, kanker, tonsilitis, hipertensi, dll), ada juga yang digunakan sebagai pewangi vanili, perasa masakan, dll (Pras95.blogspot.com).

SubhanAllah jadi pengen punya koleksi bunga Anggrek yang lain setelah mengetahui banyak sekali manfaatnya. mari mencintai flora Indonesia sebagai perwujudan lingkungan yang hijau dan berwarna.

Beautiful Purple Orchid Catteliya Sp.







4 komentar:

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Selain cantik bunganya, ternyata bisa dibuat untuk pengobatan juga ya..

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

hu'um mbk mesikipun bukan yg Catteliya tp seneng lhat si purple ni mbk..

Tatit mengatakan...

sama mbak aku juga suka anggre. baru punya 4 hehehe. Ini anggrek vandaku baru berbunga. seneng ya mbak lihat anggrek berbunga, disiram dan dirawat tak sia-sia.

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

bener mbk Tatit...aplagi dakuu purple lover hehe

dlu g suak bnget ama bunga2 dkk...g cew bnget deh pkoknya