Selasa, 11 November 2014

Suka cegukan Jika Ketawa

Senyumannya meluluhkan segala lara

Pengalaman anak pertama ini bener-bener menghebohkan dech, ada sesuatu yan menimpa si kecil dikit-dikit khawatir ortunya. terutama sejak kecil "fafa" paling sering jegukan. bingung pastinya ya wajarlah, ada yang mengatakan bayi sering jegukan itu nambah umur? bener gak sih? mitos kayaknya ya..tapi Amin aja deh do'a..hehe

setelah googling,  menurut dr. Purnamawati S.Pujiarto, Sp. Ak, MMPed mengatakakn bahwa bayi umur 0-3 bulan memang sering cegukan (hiccups) asal durasinya di bawah satu jam, karena belum matangnya fungsi syaraf yang mengatur diafragma si kecil, yakni sekat antara rongga dada dan perut, sejalan dengan bertambahnya usia, bayi akan semakin jarang jegukan.

Masalahnya sekarang adalah si "Fafa" uda 5 bulan masih sering jegukan meskipun ndak lama, terutama kalo diajak bercanda dan ketawa selalu dech hmmm...tapi ketawanya nyenegin banget sih. sekarang uda ndak terlalu khawatir tapi kasihan aja lihatnya, jadi inget film "How to Train Your Dragon" dimana pemeran utamanya adalah "Hiccups" yang akhirnya bisa menaklukkan naga yang paling ganas sekalipun meskipun awalnya dia jadi bahan ejekan karena kelainannya.....gak nyambung ya hehe..

Cegukan atau bahasa medisnya singultus adalah kontraksi tiba-tiba yang tidak disengaja pada diafragma, sehingga timbul hisapan udara mendadak masuk ke paru melewati ruang antara pita suara (glottis) dan terjadilah suara "Hik" yang khas (idai.or.id). 

Faktor yang menyebabkan cegukan pada bayi "Fafa" biasanya karena Ketawa, minum digodain, jadi deh "Hik" dan lucunya meskipun cegukan atau terkadang tersedak, anak cantik ini malah menunjukkan tawa manisnya lho, love it.

Solusi yang biasa saya berikan adalah:
  1. Mendekap erat si kecil, karena sentuhan dan dekapan ibu memberikan kekuatan bagi si kecil selain memberikan ASI eksklusif.
  2. Menghentikan ketawanya dengan mengurangi bercanda, mencegah lebih baik daripada mengobati kan?
  3. Memberikan ASI, Asi adalah obat paling alami bagi si kecil karena segala asupan gizi lengkap dan pemebrian daya imun bagi bayi ada pada SGM (Susu Gantung Mama) ^_^.
  4. Menepuk punggungnya puk...puk..puk pelan penuh perasaan sama dengan menyendawakan bayi, maka akan keluar suara khas "hoek" kayak orang dewasa, lucu dan nggemesin pokoknya.
  5. Secara tradisional saya diajari sama saudara, beliau menyarankan dikasih sobekan benang yang dijilat terus diletakkan di keningnya si kecil ala indiahe mere-mere..tapi saya kurang percaya sih meskipun ada yang terbukti ampuh mengurangi cegukan.  

Sehat selalu ya "Fafa" ...kamu semakin lucu dech ^_^

mendekap si kecil
menepuk punggung

memberikan ASI


Sobekan benang
(Sumber Gambar google.com)


4 komentar:

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Hi..hi..baru denger cara menghentikan cegukan dikasih sobekan benang...:D

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

Iya mbk...wakt d jawa pernah dcoba tapiii..tetap cegukan hehe

messi awaludin mengatakan...

By the way, Thank you for sharing with us, and we sincerely hope you will continue to update or post other articles.
suplemen pembakar lemak terpecat

Anonim mengatakan...

thank you very useful information admin, and pardon me permission to share articles here may help

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat
Cara menyembuhkan radang paru paru
Obat nyeri belikat