Kamis, 06 November 2014

Tips Merawat Kesehatan Organ Kewanitaan

Sumber:www.google.co.id
Tips berikut bagi sebagian orang mungkin tidak asing, namun saya ingin berbagi dengan yang lain terutama para kaum wanita, bagi yang sudah faham bisa dilewati saja *_*. Menjaga daerah kewanitaan kita itu sebenarnya mudah, namun sering terabaikan bahkan disepelehkan, betul? 

Daerah vagina adalah bagian luar yang penting bagi wanita karena lubang tersebut bisa menjadi sumber penyakit. Vagina bersifat lembab dan rawan sekali terhadap infeksi terutama karena jamur dan bakteri, bahkan yang lebih parah bisa juga penyakit membahayakan.

Berikut beberapa tips menjaga organ kewanitaan menurut dr. Reisa Broto Asmoro dalam acara DR OZ Indonesia beberapa  hari yang lalu:
  1. Bersihkan organ kewanitaan sampai bersih: setelah buang air kecil usahakan jangan dari belakang ke depan tapi dari depan ke belakang, karena jika daari belakang ke depan dikhawatirkan kotoran dalam lubang anus akan pindah ke vagina. Setelah cebok harus dikeringkan pakai kain yang menyerap atau tisu yang bersih dan tidak mudah robek.
  2. Jangan biarkan vagina lembab: jika setelah kencing tidak dikeringkan, celana dalam akan lembab dan menimbulkan pertumbuhan jamur serta bakteri dalam vagina.
  3. Ganti celana dalam secara rutin: ganti minimal 2x sehari setelah mandi, jangan sampai sehari sekali baru ganti. selain itu pemilihan bahan celana dalam sangan mempengaruhi kondisi vagina. bahan yang terbaik adalah bahan katun. Bahan yang lain tidak menyerap keringat, dan flora normal dalam vagina tidak terserap sehingga muncul bakteri yang menimblkan bau tidak sedap pada daerah kewanitaan.
  4. Ganti pembalut atau pentiliner 3-4 jam sekali: Mengganti pembalut sangat wajib terutama ketika haid awal-awal kira-kira 2-3 jam sekali.
  5. Gunakan sabun kewanitaan yang tepat: pilihlah yang mengandung aroma alamiah daun sirih karena sesuai dengan kondisi pH yang sesuai dengan daerah kewanitaan yang mengatur keasaman vagina biasanya normalnya adalah asam. jangan menggunakan sabun dengan parfume yang menyengat. jangan menggunakan sabun mandi untuk membersihkan daerah kewanitaan kita karena bersifat basa dan akan membunuh flora normal yang berguna untuk menjaga keseimbangan ekosistemnya dan menimbulkan infeksi-infeksi bakteri ganas.
Menjaga kesehatan organ kewanitaan itu sebuah keharusan lho...semoga tips di atas bermanfaat ya dan selamat mencoba *_*. Salam Sehat

2 komentar:

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

memang harus dapat perhatian khusus untuk masalah ini ya mbak...karena salah satu penyebab penyakit kanker serviks karena kurang bersihnya area kewanitaan ini

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

bener mbk ini ilmu buat sya juga yg kdang sering g perhatian