Minggu, 14 Desember 2014

4 Fakta Penting Organ Mata

bp.blogspot.com
"Cinta turun dari mata menuju hati atau cinta pada pandangan pertama"

Pepatah yang tidak asing bagi kita dikala hati sedang berbunga-bunga oleh panah asmara, namun bukan cinta yang akan saya uraikan melainkan dahsyatnya dampak yang ditimbulkan oleh salah satu pancaindra kita.

Mata adalah salahsatu organ penting yang berguna dalam berbagai sistem kehidupan manusia untuk memandang dan mensyukuri segala ciptaan-Nya, anugerah yang berharga yang patut kita jaga.

Tahukah anda tentang beberapa fakta penting yang dimiliki oleh organ mata kita? Menurut dr. Reisa Broto Asmoro, ada 4 fakta penting dari mata, yaitu:

  1. Mata berkedip 12 kali/menit. Hal ini menunjukkan bahwa dalam sehari urang lebih kita berkedip sebanyak 14 ribuan, tujuannya supaya mata kita tidak kering dan untuk membersihkan kotoran pada mata.
  2. Wanita lebih sering menangis daripada pria. Hal ini terjadi bukan karena wanita itu perasa atau cengeng, melainkan karena saluran kelenjar mata pada wanita lebih lebar dari pria.
  3. Bayi baru lahir tidak bisa mengeluarkan air mata. Pada dasarnya bayi yang baru lahir memang ditandai dengan tangisan, namun tidak disertai air mata seperti pada anak-anak dan orang dewasa pada umumnya, karena lubang saluran air matanya belum terbuka dengan sempurna.
  4. Mata berair saat mengupas bawang merah. Kandungan asam sulfanik pada bawang merah disertai dengan keluarnya gas, mengakibatkan mata terasa perih dan pedas hingga keluar air mata. Supaya gasnya menguap, silahkkan menyimpan bawang merah yang sudah dikupas ke dalam freezer sekitar 10-15 menit. 

Demikian seputar fakta tentang mata yang sedikit banyak belum kita ketahui, sehingga kita bisa memahami apa yang tersirat dalam rahasia dibalik keindahan mata.

2 komentar:

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Air mata saya paling sering keluar ketika saya ada di dapur. Gara-gara bawang merah..hi..hi...

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

samaaa mbk...menangis bombay lha itu bs a dcoba solusinya ^_^