Senin, 15 Desember 2014

Apakah Obat Nyeri Haid Berakibat Mandul?

bp.blogspot.com
Tiap bulan rasanya was-was menanti tamu yang tidak pernah absent, masalahnya adalah perutku terasa nyeri terutama hari pertama atau kedua. bawaannya malas, ngantuk, ndak bisa ngapa-ngapain, hanya meringis menahan rasa sakitnya dan tersiksa banget, aduh.

Haid adalah siklus bulanan yang dialami setiap wanita, yaitu luruhnya dinding endometrium yang tidak dibuahi, kemudian otot-otot dinding berkontraksi sehingga mengakibatkan nyeri. Nyeri haid atau yang dikenal dengan isitilah kedokteran dengan nama Disminore tidak boleh dianggap sepele karena bisa jadi itu awal gejala endometriosis, nyeri juga bisa jadi tanda awal adanya gangguan pada kesuburan wanita.

Secara alami kita bisa mengompres perut dengan air hangat, banyak minum air putih, atau istirahat dengan cara meluruskan badan kita atau tidur terlentang. Namun jika nyerinya hebat apakah boleh mengkonsumsi obat? Apa tidak menyebabkan mandul?

dr. Caroline menyampaikan bahwa mengkonsumsi obat anti nyeri pada saat haid tidak dilarang, namun jika nyerinya tidak terlalu sakit lebih baik dihindari. Kemudian apakah sering mengkonsumsi obat nyeri haid mengakibatkan mandul? 

Jawabannya tidak, dokter pasti sudah mempertimbangkan kadar komposisi obat, obat nyeri haid lebih bersifat antiprostaglandin yang tujuannya untuk menghilangkan nyeri dan tidak membahayakan rahim wanita, jadi aman. Jika nyeri berlanjut segera periksakan ke dokter tentunya.

Ternyata tidak ada hubungan yang sinergis antara obat nyeri haid dengan kemandulan, kemandulan terjadi akibat faktor-faktor yang lain, konsumsi, rutinitas, pola  hidup, radiasi, dan lain-lain.


2 komentar:

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Saya juga gak pernah minum obat kalo gak terlalu sakit. Pengalaman saya untuk menghilangkan rasa nyeri, memperbanyak makanan jenis kacang-kacangan. Yang paling gampang di dapat, tempe dan tahu. Coba deh, haid keluarnya jadi lancar dan nyeri menghilang.

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

wah info tambahan nih mbk nurul..trimakasih *_*..daku juga biasany sama air asem anget2 mbk langsung lancar, pernah minum jamu instant tapi lama2 khawatir juga.