Minggu, 07 Desember 2014

Rahasia Warna Ungu dalam di Bidang Kesehatan

Sumber: typurple1504.blogspot.com
Melihat warna ungu memang membuat mata ini blink-blink, "saya suka...saya suka...saya suka," seperti kata Mey-Mey dalam serial Upin-Ipin, lho? Baik baju, jilbab, Accesories laptop, Handphone, bahkan kelengkapan anak juga sebagian besar berwarna ungu, benar-benar obsesi mamanya.

Banyak yang bilang ungu adalah warna janda, tapi sejak Tahun 2010 warna ungu menjadi trend baru di dunia fashion, peminatnya membludak, entahlah. Variasi warna ungu muda hingga ungu tua memang mempesona.

Setelah mencari informasi, makna warna ungu itu sendiri adalah bersifat kebangsawanan, spirituality, kemewahan, ambition, empati, ketegasan, pencerahan, optimis, berani, dan kuat. Di sisi lain ada makna negatifnya, yaitu misterius, angkuh, arogan, dan sensitif.

Akan tetapi tahukah kita bahwa warna bisa menentukan kandungan gizi dari suatu bahan makanan? Iya, jawabannya. Menurut dr. Ryan Thamrin, beliau mengatakan bahwa ada rahasia besar dalam buah atau sayuran yang berwarna ungu atau kemerahan. Semakin pekat warna ungu menunjukkan bahwa sayur atau buah tersebut mengandung Antioksidan penting dalam jumlah besar dengan jenis Flavanoid dan Antosianin.

Dua jenis Antioksidan tersebut bermanfaat menghambat resiko menderita kanker, dapat menghaluskan kulit, mencegah datangnya penyakit Alzaimer, bahkan bisa menjadi masker untuk mencegah rambut rontok (kubis ungu).

Tidak sia-sia deh, mengidolakan warna ungu ternyata tidak hanya menyenangkan hati, namun menambah wawasan dalam dunia medis, seperti dalam sebuah pepatah "sambil menyelam minum air", semoga bermanfaat. ^_^


5 komentar:

nurul fitri fatkhani mengatakan...

Ternyata gizi menentukan kandungan gizi pada makanannya ya mbak...thank for sharing..

pengalaman-keluarga-dengan-obat-tradisional-lebih-manjur-dan-aman mengatakan...

Warna ungu pada ketela banyak juga dijadikan pewarna alami makanan, sehingga lebih sehat.

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

mbk Nurul hehe....tepatnya warnanya mbk, sya juga baru tahu

Pengalaman keluarga : tepat sekali, memang saatnya back to nature, terimakasih sudah mampir

Titi Alfa Khairia mengatakan...

telo ungu dan buah naga merah, buah bit..waahhh enak semua ya

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

iya mbk titi gak semua makanan enak beresiko...hehe thanks dah mampir ya