Sabtu, 28 Februari 2015

English Friday: #8 Miss Confused but I'm Okay


When I knew about this theme, I was confuse because manything happened at 2005. actually nothing special but it's hard time to prepare my pass of Senior High School and find a suitable faculty of university.


Dear Zaqia, 

You're pure girl who try to find your own way, you feel disoriented to determine what will be the next future. teacher, entrepreneur, doctor, or scientist it's very make you dizzy which you will choose.
Finally, you choose fisheries even only one years and than you keep place on solid footing at education faculty, so you feel okey as teacher.

Really you can't speak in front of class because clumsy but you always try to kill your weakness by  any methode, such as: active at organization, social activity, become a leader, or just speak in front of mirror and exercise your face when speech. Now you feel better than 10 years ago ^_^ although you must try and try every day.

Dear Zaqia, 

Thanks to be God, 10 years ago your body so slim hahay, but not beauty so I'm not confidence....even if nothing love come to your life huaa.. you focus at study and organization so you don't need other and you happy :-D.

Dear Zaqia,

Suppose 10 years ago you knew about write and blog, maybe now many articel and book will create, maybe you will be a good writer. why previously you don't potential? actually many thing you can do for the best future,,,but regret always come late yeah..

Now you, after long time become a mature women with one cute daughter and handsome husband, of course perfect happines ^_^

Congratulation....for you




Jumat, 27 Februari 2015

memory 27-27 untuk 28

Memory 27/27

Tanpa terasa setahun telah berlalu, teringat saat merayakan ulang tahunmu ke-27 tahun 2014 lalu. Tanpa rencana sebelumnya, dengan perut besarku, 

Kita bertiga dengan calon junior bersama mempersiapkan hidangan di hari istimewa itu, 

Kita heboh menanyakan resep ke sana kemari untuk berbagai  lauknya, resep dari Bali-hingga Mojokerto tertampung,

Kita  masih belepotan hingga gelap meyuguhkan bintangnya, dedekpun menendang tanda lapar, hingga akhirnya matang sempurna,

Plating kulakukan dan tanpa terasa engkau menitikkan air mata haru hingga akupun bertanya Mengapa? engkau menjawab karena 3 cabe yang kutancapkan tanpa sengaja. itu kita bertiga maz. semoga kita bisa menyatu dengan siapa saja dan di mana saja, menyempurnakan sebuah rasa. bukankah tanpa cabe, masakan terasa kurang sempurna menurut maz?

Kitapun menikmati tumpeng  mini yang lebih menyerupai gunung meletus itu dengan senang, haru, bangga, teduh ditambah jeruk hangat yang menghilangkan lelah serta penat setelah berkecimpung di sekolah dan dapur.

Itu memory di Usia 27 Tahunmu Suamiku, saat engkau menjadi calon Ayah bagi anak kita.

Saat ini, di Usia 28 tahunnmu, saat engkau telah menjadi Ayah dari putri kita yang cerdas Faiza Saintya Assakinah, jarak harus memisahkan kita.

Hanya tulisan dan do'a ini yang akan menjadi pengiring bertambahnya Usiamu, semoga menjadi Suami yang baik buatku, 

Ayah yang baik untuk anak-anak,

Dimudahkan, dibarakahkan, dan dimurahkan rejekinya,

Umur panjang,  Keluarga Sakinah

Semoga tahun 2015 menjadi tahun yang mengumpulkan kita kembali bertiga untuk merajut impian rumahtangga bahagia Amin ^_^

Happy Milad ke-28 Suamiku Ifan Prasetya Yuda :-*





Sabtu, 21 Februari 2015

English Friday#7 : The Red Fighter

The theme is : Snap and Tell a Story

My Red Fighter
This is first time for me posting English FridayI know its too late but nevermind I want try it. I'm sorry cause my english so badly huuu...huuua

This picture very impressing for me, not about beautiful of me hihi but my motorcycle which called "Red Fighter". Why? because this is outcome of my hardwork as teacher while 2 years. I'm so glad can buy it.

The Red Fighter like boyfriend which company wherever I go, wow. as career women I need vehicle privacy and I choose motorcycle because it's very simple, style, and feel comfortable. I must work a while 68, start at 6 in the morning and finish at 8 pm to get our passion, to survive at other city, and to make happy my family.

Before get marriage, I am stand alone girl with many dream to be a succes women in the future. Now, after marriage and have one daughter, I must focus become a wonder woman for my little family. I have fun with my activity now and next time I believe I can career again.

I miss all of memory seven years in Malang City with my "Red Fighter" T_T




Jumat, 20 Februari 2015

3 Mimpi 2 Cinta 1 Dilema (2015)

Tahun 2015 ini kurasakan roda kehidupan yang amat pelik teringat keluarga kecilku. Allah telah merencanakan yang terbaik bagi Hamba-Nya. Aku harus menjalani LDR (Long Distance Relationship) dengan suami yang berada di Papua Barat sedangkan Aku sementara tinggal di PMI (Pondok Mertua Indah) bersama anak yang saat ini masih berumur 8 bulan, di saat perkembangan usia emasnya tanpa dampingan sang Ayah. Namun Kami yakin roda kehidupan pasti berputar dan pasti indah pada waktunya.

Tahun 2015 menjadi Tahun penuh resolusi bagiku, ada 3 mimpi besar terdekatku yang sangat besar harapan untuk mewujudkannya dengan iringan keluarga kecil sempurnaku dan memikirkan sebuah resiko.

Dibaca dari Judulnya serasa Film ya, hahay. Berikut uraian 3 mimpi yang ingin Aku wujudkan dan yakin akan terwujud, simak ya:

Pertama, berkumpul bertiga dengan Suami dan Anak. Setelah menikah dan mempunyai anak tentunya kebahagiaan berumahtangga terlihat sempurna, namun ketika sebuah alasan harus berjauhan sementara tak bisa dihindari, maka harus dijalani dengan ikhlas dan legowo (berdamai dengan diri). Oleh karena itu, besar harapan Tahun 2015 ini, kami bisa berkumpul bertiga menjalani bahtera rumahtangga seperti pada umumnya.

Kedua, entah akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi, karena mereka akan menjadi Ibu, seorang Ibu-ibu yang cerdas akan melahirkan anak-anak yang cerdas (Dian Sastrowardoyo). Ibu adalah Pendidikan pertama bagi anak-anaknya, terutama tingkah laku yang berkarakter. Impianku yang lama terpendam dan tertunda adalah melanjutkan Pendidikan Pascasarjana, sejak lulus Sarjana 2010 lalu selalu bermimpi bisa lanjut kuliah lagi namun harus terkubur dahulu terkait tiada biaya, menjadi Sarjana sudah bersyukur sekali dan sekarang setelah menikah dengan dikaruniai seorang Putri, Aku harus rela menunda kembali mimpi tersebut. Namun selalu yakin akan terwujud entah kapan.

Ketiga, menyelesaikan dan menerbitkan buku solo. Sayyidina Ali berpesan "Ikatlah Ilmu dengan Pena" dan ada Hadist mengatakan "Sampaikanlah walau Satu Ayat". Aku memiliki sifat demam panggung ketika berbicara di hadapan orang banyak, bagiku menuangkan kata-kata melalui tulisan lebih mudah dan bebas berkreasi. oleh sebab itu Aku ingin sekali menjadi orang yang bermanfaat melalui tulisan yang bermanfaat. selama ini sudah ada beberapa buku antalogi, harapanku semoga buku solo bisa terbit di Tahun 2015 ini.

2 Cinta tentunya Suami dan Anak yang menjadi penyempurna langkahku di masa yang akan datang, tanpa cinta dan dukungan mereka berdua tentunya ada yang tidak lengkap. sedangkan 1 dilema yang menyebabkan tapak kaki harus tertunda adalah antara tugas sebagai Ibu yang bertugas merawat dan menjaga buah hati, terutama bulum genap berusia setahun dengan impian itu sendiri. Semua Ibu pastinya tidak ingin menjadi egois di tengah-tengah tanggungjawab mengabdi kepada keluarga.

Resiko dan kendala pastinya ada, sehingga perlu langkah-langkah pelan tapi pasti untuk mewujudkan impian yang tertanam pada diri kita. Langkah yang kulakukan adalah:
  1. Ikhtiar bersama. walau terpisah jarak, komunikasi setiap hari tak pernah terlewatkan. selalu mengkomunikasikan ikhtiar yang telah dijalani dan berdoa agar segera dikumpulkan kembali untuk hiidup bersama.
  2. Mencari dan Bertahap. mencari info beasiswa dan mulai mempersiapkan persyaratannya dari sekarang, menetapkan kampus yang dituju, mengkomunikasikan dengan keluarga besar dan suami tentang impian tersebut.
  3. Atur dan Selesaikan. menentukan ide yang ada dalam kehidupan sehari-hari, sederhananya adalah tentang resep masakan,mengatur waktu "Me Time" untuk menyelesaikan naskah tulisan yang akan dibukukan, tetap jaga kondisi fisik dan mental
Manusia mampu untuk merencanakan dan berusaha menyelesaikannya, namun kepasrahan dan keyakinan atas keputusan terbaik dari-Nya sangat menentukan.



 

 


Rabu, 18 Februari 2015

Saboten Shokudo Malang, Harga Murah Rasa Gak Kalah

Saboten Jl. Dieng
Saboten Shokudo adalah salah satu Japanise Resto yang ada di Kota Malang. Tempat ini sangat direkomendasikan terutama bagi kalangan remaja, mahasiswa, hingga keluarga menengah karena pas dikantong dan rasanya yang bikin bengong, berbeda dengan Japanise Resto yang lain. Selain itu Nuansa merah-hitam khas jepang dan Hiasan bunga Sakura serta wanita berbaju kimono semakin terasa romantismenya, Adem.

Pertama berkunjung, lokasinya masih berada di Jl. Jakarta no. 4 Malang dan terjadi tragedi lucu tentang sumpit, maklum masih ndeso akhirnya sendok lebih nyaman hehe. Sekarang Saboten telah berpindah ke tempat yang lebih strategis di Jl. Dieng no. 18 Malang. Mengapa strategis? karena terletak di kawasan ramai, mudah dijangkau, dekat Mall Dieng Plaza, Toko Buku Toga Mas, dan Tempat Hiburan, jadi sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Baru-baru ini Aku berkunjung ke Malang, selain silaturrahim ke tempat saudara, Aku memanfaatkan untuk bernostalgia di Saboten Shokudo setelah 2 tahun sebelumnya. Banyak yang berubah dari menunya, selain tetap menyajikan menu lama seperti paket bento, katsu, nanbayaki, gyudon, chicken curry, dan sushi. Menu andalan terbaru saat ini adalah Aneka Ramen. Minumannya juga banyak yang baru dan yang membuatku tertarik adalah "sparkling sakura".

Setelah memilah dan memilih, akhirnya Suami memesan menu favoritnya "beef nanbayaki" dan "Avocado Juice". Aku memesan yang seger-seger karena cuacanya panas banget, yaitu "Tomyum Ramen" dan "Sparkling Sakura", tak lupa "Sushi Tuna Sarada Roll" sebagai cemilannya ^_^


Wah jempolnya suami bikin mantab itu menu-menu oishii ^_^. beef nanbayaki adalah olahan daging yang ditumis bersama bawang bombay dengan irisan cabe pedas didampingi nasi pulen khas jepang, menu kesukaan suami yang selalu dipesan sejak pertama makan di Saboten, ndak bosen ya suami??hihi, minuman wajibnya juga selalu avocado juice.

Ada berbagai macam jenis sushi yang dihadirkan dalam menu tapi kami ingin mencoba yang isi daging tuna, mantab dengan topping mayonize dan kuah wijen dengan lembaran semacam rasa jahe gitu sebagai penetralisir.

Nah kalau Aku orangnya suka menjajal menu-menu baru, Tomyum ramen ini termasuk menu baru. rasa kuahnya yang segar pas banget dimakan saat musim hujan, Aku suka banget memang rasa asem pedas bikin nambah selera makan, apalagi ada topping nori, telur, dan udang. sedangkan sparkling sakura adalah sejenis minuman soda dengan sparkling yang terbuat dari biji selasih, dengan syirup berwarna merah di bagian dasar sehingga mirip warna bunga sakura, Aku sampai minum 2 gelas hihi. orang Jepang bilang Oishiikattadesu dan recomended 

Semua harga menu di Saboten Shokudo tidak ada yang lebih dari Rp.30.000, 00 dijamin ndak bikin kantong tipis. Kita juga bisa menikmati wifi gratisan dengan kata sandi yang bisa ditanyakan di kasir, memilih tempat lesehan atau kursi, indoor atau outdoor, ada mushola juga lho jadi jangan khawatir bagi yang muslim jelas Halalnya ^_^. Oh iya, satu lagi yang terlupa, bisa delivery order juga bagi yang gak sempat pergi dan dengan harga yang berbeda tentunya, namun tetap irit.


Dianggap Nebeng Nama, Tamparan Semangat untukku!

Akhirnya Tembus Pimnas ^_^


Jujur Aku mengenal dunia literasi, tulis menulis adalah sejak Tahun 2006, kebetulan Jurusan tempatku mengenyam Pendidikan selalu mengiming-imingi nilai A kalau bisa lolos Lomba Karya Ilmiah jenis apapun, tak bisa kupungkiri hati ini tergoda namanya juga Mahasiswa hehe.. Jurusan pendidikan Biologi menjadi pioner Forum Diskusi dan Kepenulisan di Kampusku.

Mulai dari NOL tentunya, ya menyesal selalu datang di ekor deh kenapa Aku dulu tidak ikut Ekstrakulikuler saat SMA biar gak blank sekarang. tidak apalah namanya juga usaha, yang jelas tidak ada kata terlambat, sudah ada ambisi untuk bisa dan yakin bisa lolos.

Ceritanya ada kakak tingkat yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam berliterasi di dunia kepenulisan, beliau sebagai pembimbing mulai dari pencarian ide, penyusunan naskah, hingga pengkoordinir pengiriman naskah, tak lupa memberikan tips lolos  Lomba Karya Ilmiah. Nah, Semester I Aku mendapatkan IPK sempurna sehingga mendadak menjadi Artis Jurusan hehe..sebagai Mahasiswi Baru yang tak tahu apa-apa, Aku diajak menjadi Tim LKTM IPA untuk mengikuti Rector Cup bersama sang jagoan. antara senang dan beban juga, namun Alhamdulillah dapat Juara I dan lolos seleksi tingkat Kopertis VII Jatim, mudah ya? Tapi tahu tidak hampir 90% Aku tidak memberikan kontribusi yang bagus.

Akhirnya tersebarlah gosip Aku Nebeng Nama, makanya bisa menang! wah rasanya mata pengen nangis dan hati teriris mendengarnya. namun gosip itu ada benarnya, sehingga membuatku tertampar dan tertantang untuk menunjukkan bahwa Aku bisa berdiri sendiri dengan ide dan karyaku.

Memang Aku tidak terlepas dari bimbingannya, namun ide penulisan dan isi yang tertulis dalam Karya perdanaku murni dari pikiranku, study literature, wawancara, dan survey. Karya Ilmiah perdana bisa dipastikan gagal, menangis mengurangi sedikit kekecewaanku saat itu setelah perjuangan berat dalam menyelesaikannya. Tak gentar, Aku mencoba mengajukan proposal Kewirausahaan Dikti, Tahun 2008 lolos pembiayaan bahkan tembus sebagai Finalis Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) yang merupakan ajang bergengsinya para Mahasiswa lho, Girang pastinya  karena tulisanku menemukan Jodohnya^_^.

Percaya nggak sih kalau tulisan kita nggak tembus-tembus itu bikin penasaran, dan kalau sekalinya lolos bikin semangat mulus meningkat. setelah lolos nasional, karya-karyaku seolah mendapat lampu hijau, setiap tahun Aku mendapatkan Pendanaan dari Dikti serta reward. kemudian Aku mencoba menulis di media dan tentunya tidak semua tulisanku dimuat.

Lambat laun slentingan-slentingan pedas berkurang berganti selamat dan dukungan untukku agar terus menorehkan karya kapanpun dan di manapun.

Ada beberapa sikap yang perlu ditanamkan oleh penulis pemula sepertiku agar semangat untuk berkarya tetap stabil:
  1. Tumbuhkan sifat terpaksa. Siapa bilang terpaksa itu menyiksa seperti diperkosa? tak selamanya terpaksa dan dipaksa itu buruk. dalam hal-hal positif, pemaksaan itu perlu, dengan terpaksa, kita pasti sulit untuk tidak mengerjakan. entah terpaksa demi nilai, demi ekonomi, atau demi ambisi setelah terpaksa, lambat laun akan menjadi kebiasaan yang positif.
  2. Berdamai dengan Cara Menangis. Menangis adalah salah satu cara untuk meringankan permasalahan diri, apalagi saat mengalam kekalahan saat kompetisi atau penantian berujung kecewa ketika tulisan tidak dimuat dan lewat begitu saja. Namun setelah menangis, bangkitlah dengan mempelajari kelemahan diri untuk diperbaiki dalam karya selanjutnya.
  3. Tanamkan Ambisi. Tidak selamanya Ambisi itu negatif, Ambisi dalam berkarya itu perlu sebagai motivasi kita untuk melangkah. Ambisi adalah keinginan (hasrat dan nafsu) untuk memiliki sesuatu dan mencapai kesuksesan. tanpa ambisi untuk menang atau untuk lolos media, maka semangatpun menurun juga. tapi bedakan antara ambisi dengan niat. niat untuk memberikan manfaat oke namun ambisi dalam hal positif juga oke.
  4. Motto Gagal Satu Sukses Seribu. Pepatah yang biasa kita kenal mungkin mati satu tumbuh seribu, namun bisa kita rubah bahwa kegagalan sekali di masa lalu bisa menjadi aset untuk sukses seribu kali ke depan. Sebagai orang berpikir, kita tentunya tidak akan jatuh pada lubang kegagalan yang sama, kita pasti akan mencari cara atau metode lain untuk memperbaiki kesalahan.
Semua penulis sukses tentunya berangkat dari bawah, tak semudah membalikkan tangan untuk menjadi penulis terkenal. mencoba dan mencoba, menulis dan menulis, jodoh dan jodoh akan bertemu (jodoh menulis maksudnya ^_^), Semangat untukku dan semua yang suka menulis.





Selasa, 17 Februari 2015

Diary Princesa-Mengenal Emosi Bipolar disorder Sang Kakak

Cover
Judul        : Diary Princesa
Penulis     : Swistien Kustantyana
Halaman  : 260 hlm, 13 x 19 cm
Cetak       : Cetakan Pertama, Februari 2014
Penerbit   : Ice Cube, PT Gramedia, Jakarta
ISBN         : 978-979-91-0679-7

"Dunia begitu adil dan tidak ada manusia yang sempurna meskipun Tuhan menciptakan manusia sebagai makhuk paling sempurna diantara Ciptaan-Nya yang lain".

Begitulah sedikit yang bisa Saya simpulkan dari buku yang berjudul "Diary Princesa" ini, secara morfologi cover buku yang terlihat begitu menarik dan simple, tidak terlalu ramai dengan gambar dan kata-kata. mungkin ada pepatah mengatakan "Don't look the Book from Cover", namun menurut hemat Saya pandangan pertama terhadap cover buku sangat menentukan minat untuk membeli dan membacanya. 

Meskipun sudah diterbitkan Tahun 2014 lalu, namun Saya baru membeli dan membacanya, tidak apa-apa terlambat ^_^. Buku ini direkomendasikan oleh seorang teman Penulis terkenal Mbak Dewi Rieka. buku ini bergenre teenlit yang diterbitkan oleh Ice cube, penerbit mayor yang ketat sekali menyeleksi buku-buku yang akan diterbitkan, keren ya mbak Swistien.

Buku ini menceritakan tentang kehidupan kakak beradik dengan karakteristik yang bertolak 180 derajat dari sudut pandang Princesa sang adik. Jinan sang kakak yang diduga memiliki tingkat kelabilan emosi (Bipolar disorder), tidak ada yang memahami emosinya kecuali Princesa dan Nathan sahabatnya. sedangkan Princesa, wanita sempurna (cantik, pintar, dan ramah) yang hampir menyesali kesempurnaannya hanya karena cintanya ditolak oleh sahabat kakaknya yang bernama Nathan. awalnya Nathan tertarik dengan Princesa, tapi lelaki mana yang tidak minder melihat kesempurnaan wanita meskipun bukan kepasrahan yang diharapkan oleh Princesa.

Selain permasalahan kegalauan asmara yang dialami Princesa, Jinan, nathan, dan Aksel, permasalahan broken home dan kesalahpahaman teradap ego maupun emosi personal juga menjadi bumbu dalam novel fiksi ini menjadi klimaks. Princesa paham akan kesempurnaannya namun apalah arti sempurna jiga laki-laki yang dicintainya tak menaruh hati padanya, malah cinta dengan kakak yang menurutnya jauh dari sempurna tapi beda.

Nathan memang memiliki karakteristik dan hobi yang sama dengan Princesa, tapi dia terpikat dengan kejujuran apa adanya dari Jinan, dia tidak suka dengan teman maupun perempuan yang bermuka pocker face alias tidak jujur, wajah tak sesuai dengan sifat.

Saya suka buku ini karena temanya ringan khas romantisme remaja masa kini, seandainya Aksel dengan Princesa dan Nathan dengan Jinan mungkin pas ya, tapi malah gak ada gregetnya hehey. selain itu isi novelnya banyak mengutip buku-buku terkenal yang bisa dijadikan rekomendasi untuk membacanya juga, benar-benar sesuai dengan Jinan yang kutu buku dan kutu film hingga ingin menirukan apa yang dilakukan tokoh idolanya. memberikan wawasan tentang penyimpangan emosi (Bipolar disorder), jujur baru tahu. alur ceritanya yang maju-mundur terploting dengan pas dan tidak membingungkan

Kekurangan dari buku ini diantaranya ending yang mengambang, jujur Saya suka banget happy ending atau sad ending sekalian. selain itu tidak ada gambar ilustrasi sehingga mata pembaca lelah melihat huruf-huruf berjajar meskipun hanya 260 halaman, seolah tidak ada jeda. 

Secara keseluruhan novel ini direkomendasikan bagi pecinta novel teenlit. selamat membaca

Quote:
"Kadang lebih mudah mengikuti cerita hidup orang lain daripada mengikuti cerita hidup kita sendiri"

"Hidup ibarat susunan kotak-kotak kecil lego selama kita hidup, hidup saat ini adalah hasil dari satu demi satu kotak lego yang disusun. Kalau kau ingin membuat sesuatu dengan lego, kau harus menentukan sejak awal kau ingin mebuat Apa. Akan lebih bagus lagi jika kau punya gambar sebagai panduan dan perlu juga imajinasi "



Jumat, 13 Februari 2015

Kisah Lucu dan Seru Anak-Anak at The Funny Stories Ala Jeng Dedew ^_^

Lama tak update status blog bukan berarti diam seribu bahasa, eits Ampun memangny Dirikuw salah apa? hehey. iya Dirikuw lagi sibuk-sibuknya ngikutin buntut merangkak keliling rumah hingga keliling kompleks *bokis yaw, menuntun langkah kakinya menclok sana sini sampai pinggang linu, Alhasil maskeran balsem.

Capek, hujan turun, dan hawa dingin menusuk, memang moment yang pas buat tarik selimut sampai mendengkur *ngkrok. tapi teringat punya PR banyak untuk namatin buku-buku yang baru saja dirikuw order, eman jadinya sambil nglurusin pinggang baca-baca buku pengantar tidur ja dah.

Kali ini pengen banget mereview buku terbarunya penulis gokil Jeng Dewi Dedew Rieka, udah janji and memang awal pengen review buku gara-gara lihat blognya Jeng Dedew yang Buku Seken, tapi Dirikuw gado-gado ja dulu coz maklum masih abal-abal, hahay.

Dari judulnya The Funny Stories sudah jelas berisi tentang kisah-kisah lucu dan seru yang ditulis oleh Penulis Buku lucu juga dengan jam terbang segunung. Buku yang diterbitkan oleh Tiga Serangkai ini terdiri dari Tiga buku berkisah lucu yang menceritakan kisah anak-anak bersama Ibu, Ayah, dan Para Sahabatnya, seru deh. Cover warna warni rame rasanya ini pas banget dengan selera anak-anak sebagai sasaran pembaca utama, kalau Dirikuw buat arsip my anak ntar deh hehe. Setiap judulnya disisipi gambar ilustrasi yang pas dan bikin ngakak.

Sebenarnya menamatkan buku ini hanya hitungan jam saja, idenya sederhana dan ada disekitar kita namun penguraian dan pengulasan isinya yang bikin wah banget, selalu saja ada unsur lucu yang tak terduga dan unik. Namun, karena Dirikuw yang sok sibuk akhirnya baru kemarin kelar alias seminggu setelah beli. Buku ini sudah dicetak sejak Bulan September 2013 lalu, namun baru akhir 2014 kemarin lolos antrian dari Penerbit *Harus sabar ya jeng ^_^.

Buku pertama yang berhasil terbaca adalah My Funny Mother (Kisah Petualangan Seru Bersama Ibu), ya maklum Dirikuw kan emak, jadi ya emak first dung*_*


Buku di atas terdiri dari sepuluh kisah seru bersama sang Ibu. Kisah pertama adalah cerita unik Ibu yang Hilang (eh, anak yang hilang di tengah pasar) konyol ceritanya dan bikin gemes deh si kribo Athalla jadi inget Julian di Bocah Galaksi, aneh-aneh saja dia hilang gara-gara lihat mainan di Toko. Kemudian ada kisah mama yang pelupa saking penuhnya pikiran kali ya atau si Alde yang sibuk pindah tempat les tiap hari hehe sampai salah tempat jemputan deh si Mama, Alhasil selamat menunggu buat Alde hehe. Ada cerita masakan andalan Mama disela kesibukan beronline shop ria, yaitu semur daging yang merupakan makanan kesukaankuw juga hmmm nyummy, enak ya Zidan. Masih ada beberapa kisah seru lainnya tentang Ibu yang kebetulan lupa kalau puasa, kisah aksi pengancuran rumah gara-gara demo si pitung, dan lain-lain.

Kisah yang Dirikuw suka adalah tentang tulisan Nailah yang dimuat di surat kabar, pembelajaran menulis yang diajarkan gurunya memberikan motivasi kepada anak untuk berkarya dan pantang menyerah, setiap tulisan pasti ada jodohnya, kalau tidak dibuat pada tulisan pertama, mungkin cerita kita yang keseratus pasti dmuat di media. Semangat. ^_^

Buku kedua berjudul "My Funny Father", yaitu pengalaman seru bersama Ayah. tidak hanya anak laki-laki yang memiliki kisah seru bersama ayah, tapi anak perempuan juga lhow.


Buku di atas juga berisi tentang sepuluh cerita lucu yang dikemas dengan apik oleh Penulis yang sudah mengantongi banyak judul buku anak ini. diantarang Cerita Wilma yang menantang kedua kakaknya makan sambal level atas dan akhirnya wilma kalah setelah minum air rendaman gigi kakeknya karena Ayah lupa membuangnya, hehe ada-ada saja. Kisah Bisma dengan Ayahnya yang penggemar bola hingga jadi korban kerikil dan sandal jepit, tak ada yang menang bahkan kena kartu merah deh sama Mama hihi.  Kisah varel di sarang kodok karena iseng, Ayah yang grogi karena baru bisa menyetir, kisah Papa yang takut di rumah sendirian, Kisah sepeda sapi yang berubah jadi sepeda zebra, dan lain-lain.

Kisah yang kusuka adalah Sepatu Karbon Widya, perjuangan Ayah dan kretivitasnya itu lho koq bisa muncul ide menghitaman sepatu dengan karbon baterai hehe, tapi mengharukan dan selamat deh buat Widya jadi Juara gerak jalannya, Semangat ^_^.  dan Kisah Ayah Bukan pengangguran menunjukkan bahwa penampilan itu penting meskipun tidak utama, apapun pekerjaannya, kita tidak boleh malu dengan latar belakang materi atau kondisi kedua orangtua kita ya?

Buku ketiga berjudul "My Funny Friend" berisi tentang sebelas kisah seru bersama sahabat-sahabat untuk selamanyaaa..setia... *lho, jadi nyanyi


Buku di atas menceritakan tentang fenomena-fenomena selama bersama sahabat, sahabat memang orang-orang yang tak akan habis untuk diceritakan, pasti banyak kisah seru dan lucu yang pernah kita alami sejak kecil hingga tua, hehe. Cerita yang dituangkan penulis dalam buku ini diantaranya kisah Andi cs mencoba memasuki wahana rumah hantu di Taman Safari saking takutnya sampai si hantu jadi-jadiannya meringis kesakitan gara-gara tertabrak Andi, hehe. Kemudian ada geng Cakep Boys yang harus merelakan badannya di keroyok preman *eh semut merah, wah atiit, si Rara miss nyelonong yang nekad masuk dan berteriak di kelas kakaknya *pasti bikin melongo, ada juga cerita Amir yang nekad kabur karena takut disunat, dan masih banyak cerita yang lain, recomended eui..

Cerita berkesan petualangan bersama sahabat ini yang berjudul "Balap Sepeda atau Sirkus", terkadang anak-anak memang suka bercanda atau iseng yang berlebihan tanpa memikirkan dampak akibatnya yang mencelakakan atau tidak, tapi tetap saja have fun namanya juga anak-anak.

Dunia anak-anak memang selalu penuh warna kejujuran dan keunikan yang terkadang sulit digambarkan oleh orang dewasa, gado-gado rasanya. buku ini tidak hanya untak anak-anak, namun guru dan orangtua atau siapapun yang bertitle pendidik recomended deh buku ini. Selamat membaca ^_^ Salam Satu Keluarga

Format:Soft Cover
Tanggal Terbit: September, 2014
Bahasa:Indonesia
Penerbit: Tiga Ananda, creative inprint of Tiga Serangkai
Halaman: 80, 21 cm
Harga: Rp 70.000,- (Tiga buku)


Rabu, 11 Februari 2015

Asma Nadia, Sisi Unik dan Keluarga Penulis

Asma Nadia dan Keluarga
Aduhh, pertama yang terlintas melihat gambar di atas, "Kapan ya Dakuw bisa ke sana?"Hahay,,Amiin. Selain Backgroundnya yang bikin kepengen, melihat senyuman keempat model di atas bener-bener menyejukkan mata ^_^, semoga keluarga kecilkuw nanti seperti itu Amin lagi untuk yang baik-baik.

Okey, penasaran Siapa mereka? Yap, semua pasti tidak asing dengan wajah perempuan cantik berhijab warna pink adalah Asma Nadia bersama keluarga, seorang penulis novel dan cerpen yang sebagian karyanya telah difilmkan, yes suatu saat nanti dakuw harus bisa mengikuti jejaknya, Amin lagi ^_^.

Masih teringat Tahun 2000-an lalu, saat kakak pertamakuw yang aktivis Rohis berlangganan majalah Annida. Dakuw penasaran dengan isinya dan sukak baca cerpen atau cerbungnya, saat itulah Dakuw mengenal Asma Nadia. Novel pertama yang kubaca adalah Aisyah Putri: Chat Online, Catatan Hati Seorang Istri, dan lain-lain

Mungkin ini yang dinamakan jodoh itu sekhufu ya? Seorang penulis jodohnya juga penulis, kakak dan adiknya penulis, anak-anaknya penulis, saudara ipar dan keponakannya juga penulis, wow perfecto dech menurutkuw. Seandainya??? wah wes mulai ngayal nieh,,,hahahay, ternyata penulis Helvy Tiana Rosa adalah kakak kandungnya, itu lho penulis"Ketika Mas gagah Pergi", ngefans juga soalny, bahkan Dakuw suka sama anaknya yang bernama Abdurrahman Faiz Sang Sastrawan Cilik.

Siapa sangka ternyata Asma Nadia yang selalu tampil ceria dengan senyum manis mengembang ini ternyata menderita Tumor sejak masih duduk di bangku Kuliah, sehingga tidak bisa menyelesaikan studynya tersebut, namun kemauannya untuk menekuni dunia menulis mampu menghantarkan prestasi nan membanggakan, bahkan sudah memiliki penerbitan sendiri bernama Asma Nadia Publishing House. Saat ini tumornya berkurang dari 5 menjadi 3, karena meskipun operasi, penyakit tersebut bisa tumbuh lagi.

Saat diundang dalam acara "Satu Jam Lebih Dekat", Tim TV One mengundang keluarga dan sahabat sebagai kejutan mengharukan.. Banyak sisi unik yang belum diketahui tentang sosok Asma Nadia ini, diantaranya:
  • Menurut Sahabat SMP, Asma Nadia dikenal sebagai sosok tomboy yang pemberani, terbukti dari seragam Karate sebagai ekstrakulikuler yang ditekuni, pernah meninju ulu hati teman sekolahnya gara-gara iseng ngikutin dia, pernah perang mulut dengan tukang mabuk, pernah SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) dengan cowok gara-gara dikejar orang mabuk, wes-wes...manteb dan ternyata itu didikan dari mamanya, wanita tidak boleh lemah, betul banget
  • Lebih dulu menciptakan lirik lagu daripada menulis cerpen atau novel. lirik lagunya dinyanyikan oleh grup Bestari dan Snada di Tahun 1996 hingga 2003. lagu-lagu Snada yang diciptakan oleh Asma Nadia diantaranya Air Mata Bosnia dan Cinta Ilahi kesukaankuw banget.
  • Memiliki Suami (Isa Alamsyah) seorang penulis juga yang tidak pernah menyuruhnya masak, hingga rekor Asma Nadia tak begitu pandai memasak, heehy mau dunk!lho.. Kata suaminya "Udah, Bunda Nulis saja yang banyak!" ^_^
  •  Memiliki dua anak yang istimewa (Eva Maria Putri Salsabila dan Adam Putra), mengikuti jejak dan bakat kedua orangtuanya, bahkan di Usia 5 Tahun Adam pernah mengalahkan Bundanya dalam lomba Puisi.
  • Memiliki kebiasaan tidak mengunci tempat kerjanya, sehingga anak-anaknya lebih bebas berdiskusi tentang apa yang dikerjakan Ayah Bundanya dan terbentuklah jiwa kader penulis di hati Caca dan Adam, namun ketertarikan Adam dalam dunia kepenulisan awalnya adalah supaya kompak dengan yang lain tapi lama-lama menjadi kemauan diri.
Good luck selalu buat karya-karya Asma Nadia,,,sekarang kepo banget sama Assalamu'alaikum Beijing, belum baca atapun nonton,,kalau ada yang nawarin atau kasih hadiah ndak nolak deh hahay..*_*


Minggu, 08 Februari 2015

Believe Me, Please!

"Kepercayaan adalah satu-satunya yang bisa membuatku bertahan atas Keputusan yang kuambil"

credit
Kita pasti pernah mengalami fase mencari jati diri maupun potensi yang kita miliki agar bisa dikembangkan menjadi sebuah prestasi yang membanggakan. mengambil langkah yang tak terduga namun memiliki resiko yang membuat hati susah.

Aku pernah mengalaminya saat masih kuliah Tahun 2005 lalu, mungkin karena jenuh, gengsi, atau tidak kuat sehingga pada Tahun 2006 Aku memutuskan untuk berhenti kuliah di salah satu Universitas negeri ternama di Malang. Aku pulang dengan tangisan yang hampir tak tau karena apa, merajuk kepada kedua orangtuaku yang tentunya mereka kecewa berat walau tak terlihat.

Ketika mereka menanyakan alasan mengapa pindah? Aku menjawab dengan yakin kalau ingin mencoba SPMB lagi dan memilih Jurusan Pendidikan yang sebelumnya Aku antipati sekali, oh iya saat di kampus negeri Aku ambil Fakultas Perikanan. akhirnya mereka mendukung.

Namun Aku gagal tembus SPMB dan akhirnya Aku memilih Kampus Swasta terbesar di Malang, tentunya biaya semakin mahal dibandingkan sebelumnya. bukan perhitungan, tapi saat itu memang kedua orangtuaku harus banting tulang menyekolahan 5 anaknya karena yang selesai pendidikan baru 1. awalnya beliau tidak setuju, namun Aku memaksa dan meyakinkan harus pindah dari Kampus Negeri yang jarang bisa masuk ke sana.

Aku tahu kekecewaan mereka namun Aku meyakinkan bahwa Aku bisa lebih baik dari sebelumnya, Aku akan buktikan. kalau kendalanya ada pada uang, maka Aku akan berusaha mencari uang untuk membiayai sebagian uang kuliah dan mencari beasiswa. mereka hanya mengiyakan meskipun lemah.

Empat tahun Aku mengalami suasana batin yang tak menentu, setiap pulang selalu disindir coba tidak pindah pasti sudah semester sekian, atau sudah lulus seperti si "Dia", jurus membandingkanpun keluar dan membuatku mendempis di kamar. saat minta uang, Akupun maju mundur antara berani dan tidak, bahkan terkadang Aku minta di bawah list kebutuhanku. namun Aku harus berdamai dengan diriku, jangan larut dan terpuruk tapi mencari cara untuk bisa bertahan tanpa membebani kedua orangtuaku.

Hingga akhirnya Aku berkumpul dengan komunitas Diskusi Ilmiah yang bergerak dalam berbagai lomba dan dunia kepenulisan, perlahan Aku belajar menulis dari yang dibilang Juara karena nempel nama senior sampai Aku bisa berdiri sendiri dengan ide dan karanganku untuk menjadi Juara.

Aku yakinkan dalam diri bahwa melalui menulis, Aku bisa meluruhkan batu yang ada pada hati orangtua dan sebagian keluargaku yang kurang mendukung keputusanku dulu. dari berbagai lomba tersebut Aku sering mendapatkan uang pengganti, beasiswa, dana hibah, dan lain-lain, IPK selalu unggul, bahkan Aku menjadi Mahasiswa Berprestasi tingkat Kopertis VII sampai akhirnya dinobatkan sebagai lulusan terbaik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tahun 2010.

Sedikit demi sedikit senyum kedua orangtuaku tersungging, kepercayaan demi kepercayaan terpupuk kembali dengan kabar gembira prestasi yang kuraih, memang ekspresinya datar bahkan tak terpikir untuk memberiku hadiah, namun Aku tahu kalau mereka senang dengan apa yang kuraih. Kepercayaan mereka selama empat tahun itulah yang membuatku bersemangat untu membuktikan bahwa Aku bisa lebih baik dan menempatkan beliau di tempat duduk kebanggan para lulusan terbaik Kampus ini.

Terimakasih Ayah dan Ibu, terus berikan kepercayaan agar kelak anakmu bisa menyumbangkan kesuksesan demi kesuksesan yang lain untuk membahagiakan dan membanggakan kalian, Amin. saat ini biarkan anakmu ini berproses melangkahkan kaki dengan pasti di bawah Ridho kalian.


Cara Memunculkan Share Button Pada Blog

Share button Blog
Memunculkan share button pada postingan blog sangat penting untuk memudahkan booster artikel para blogger ke berbagai sosmed, sehingga meningkatkan traffict penayangan dan pastinya meningkatkan kepuasan kita bahwa artikel yang sudah susah payah kita bikin akhirnya dibaca banyak kalangan apalagi bermanfaat.

Share button biasanya meliputi email. facebook, twitter, google+, instagram, dan lain-lain. sosmed bukan hal asing ataupun tabu untuk dibunakan, saat ini sosmed menjadi sarana untuk mendapatkan informasi maupun bisnis, betul tidak? semenit saja kita pasti sulit jauh-jauh dari gadget kita

Biasanya share button sudah muncul jika kita menggunakan template umum yang tersedia dalam  berbagai platform blog, namun jika mengganti template sesuai keinginan kita, harus rela mengotak atik Html yang ada pada template tersebut.

Berikut cara memunculkan share botton pada blog kita dan Saya adopsi dari blog teman tapi Saya lengkapi dengan gambar, Saya menunjukkan untuk platform blogspot:
  • Login ke blogger.com.
  • Pada dashboard blogger, pilih layout .
  • Klik edit di bagian bawah posting blog.
  • Beri centang pada share button , kemudian klik save.

Jika belum muncul, coba langkah berikutnya ya dengan mengotak atik Html yang ada pada template:
  • Klik pada Template. Sebaiknya Backup Template terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, klik Edit HTML dan klik Proceed / Lanjutkan.
  • Cari kode <data:post.body/>, lalu letakkan kode berikut di bawahnya :
  • <div class='post-share-buttons'>
    <b:include data='post' name='shareButtons'/>
    </div>
  • Bisa juga meletakkan kode tersebut dibawah kode <div class='post-footer-line post-footer-line-1'/>, terserah anda mau meletakkan di mana.
  • Save Template, dan cek kembali blog atau klik preview.
Jika share buttons masih belum muncul, lanjutkan lagi ke langkah berikut :
  • Cari kode dibawah ini :
    <b:includable id='shareButtons' var='post'>

    bla,, bla,, bla,,,

    </b:includable>
  • Ganti dengan :
    <b:includable id='shareButtons' var='post'>
      <b:if cond='data:top.showEmailButton'><a class='goog-inline-block share-button sb-email' expr:href='data:post.sharePostUrl + &quot;&amp;target=email&quot;' expr:title='data:top.emailThisMsg' target='_blank'><span class='share-button-link-text'><data:top.emailThisMsg/></span></a></b:if><b:if cond='data:top.showBlogThisButton'><a class='goog-inline-block share-button sb-blog' expr:href='data:post.sharePostUrl + &quot;&amp;target=blog&quot;' expr:onclick='&quot;window.open(this.href, \&quot;_blank\&quot;, \&quot;height=270,width=475\&quot;); return false;&quot;' expr:title='data:top.blogThisMsg' target='_blank'><span class='share-button-link-text'><data:top.blogThisMsg/></span></a></b:if><b:if cond='data:top.showTwitterButton'><a class='goog-inline-block share-button sb-twitter' expr:href='data:post.sharePostUrl + &quot;&amp;target=twitter&quot;' expr:title='data:top.shareToTwitterMsg' target='_blank'><span class='share-button-link-text'><data:top.shareToTwitterMsg/></span></a></b:if><b:if cond='data:top.showFacebookButton'><a class='goog-inline-block share-button sb-facebook' expr:href='data:post.sharePostUrl + &quot;&amp;target=facebook&quot;' expr:onclick='&quot;window.open(this.href, \&quot;_blank\&quot;, \&quot;height=430,width=640\&quot;); return false;&quot;' expr:title='data:top.shareToFacebookMsg' target='_blank'><span class='share-button-link-text'><data:top.shareToFacebookMsg/></span></a></b:if><b:if cond='data:top.showOrkutButton'><a class='goog-inline-block share-button sb-orkut' expr:href='data:post.sharePostUrl + &quot;&amp;target=orkut&quot;' expr:title='data:top.shareToOrkutMsg' target='_blank'><span class='share-button-link-text'><data:top.shareToOrkutMsg/></span></a></b:if><b:if cond='data:top.showDummy'><div class='goog-inline-block dummy-container'><data:post.dummyTag/></div></b:if>
    </b:includable>

  • Save Template, dan cek blog kembali.
Setelah cara terakhir pasti muncul kembali share buttonnya karena sudah Saya buktikan, belajar dari kesalahan untuk memperbaikinya kembali. semoga bermanfaat karena sudah Saya lengkapi dengan gambarnya.

Selamat mencoba ^_^

Sabtu, 07 Februari 2015

Vocaloid, Kecanggihan dan Keunikan Hiburan Masa Kini

Profile Vocaloid
Sejujurnya Dakuw sangat penasaran sama vocaloid ini sejak Tahun 2013 lalu, saat murid-muridku yang masih kelas 4-5 SD sering mengupload foto beserta comment-comment seru bersama teman-temannya. Saat itu yang paling disukai adalah Hatsune Miku yang rambutnya dikepang warna hijau dan panjang (jadi inget Usagi sama usagi kecilnya Sailormoon dech)..hmmm,anak zaman sekarang, Gurunya kalau ndak bisa mengikuti yaaa...tutup badan pake selimut...tidur..hehe

Kepo banget, Awalnya Dakuw kira Anime dari komik Jepang karena profilenya komik banget, cantik and cakep dengan fashion yang unik, ternyata setelah googling and like fanpage di Facebook Dakuw temukan vocaloid adalah sebuah perangkat lunak yang diprodusi oleh Yamaha Coorporation  pada Tahun 2000 yang bisa menghasilkan suara nyanyian manusia. Bener-bener jempol plus canggih Negara Jepang ini,hmm kapan ya bisa ke sana??hahay..mimpi dulue..

Komposisi musik dan liriknya dimasukkan dalam layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang diinginkan. sedangkan suara nyanyian diambilkan dari "Pustaka Suara" yang berisi sampling rekaman dari suara penyanyi sebenarnya. lirik lagunya tidak hanya menggunakan Bahasa Jepang, tapi ada versi Bahasa Inggrisnya.

Akhirnya dakuw mentelengi laptop dan Searching di Youtube tentang mv dari penyanyi-penyanyi vocaloid ini. Ada Hatsune Miku, Kagamine Len dan Rin yang kembar, Meiko, Kaiti, Akita Neru, dan lain-lain. Lagunya bagus-bagus dan ear catching, wajah dan mulutnya pas banget dengan lirik, ada dancenya juga ada yang ballad vers, bahkan ada live performance seperti konser beneran,, jadi sukaaa dech.



Berbagai mv vocaloid youtube vers
Bagi pencinta komik Jepang Anime, dan segala tentang budaya Negeri Sakura pasti suka juga dengan kecanggihan vocaloid ini, selamat menikmati ^_^. 

Guru juga harus mengikuti perkembangan zaman dan memberikan pengarahan jika terjadi penyimpangan sikap setelah menikmati hiburan dan teknologi yang perkembangannya tak terbendung saat ini. do what you think is good 


Jumat, 06 Februari 2015

Tips Menghilangkan Postingan Blog Ganda



Beberapa hari belum sempat posting artikel gara-gara iseng-iseng ngotak atik pengen ganti Template untuk blog, eh ternyata hasinya tak sesuai harapan. karena ketika template kita diganti, maka kita harus mengedit kembali satu per satu layout blog tersebut, meskipun background sudah berganti.

Salah satu masalah yang Saya temukan beberapa hari ini adalah tiba-tiba kolom postingan artikel saya ada dua alias ganda. sempat bingung dan stress juga karena bikin pusing kelapa eh kepala hehe. sebenarnya tidak masalah ada ganda, tapi tidak eye catching banget apalagi untuk pembaca yang memiliki masalah mata silinder atau tidak tahan radiasi kayak Saya.

Setelah googling cara menghapus postingan ganda pada template, Saya coba tapi berjam-jam masih gagal. akhirnya Saya menemukan solusinya. sebenarnya gampang tapi dibutuhkan kejelian mata:

  1. Buka Dashboard blog Anda, kemudian klik  rancangan template.
  2. Buka Edit Html
  3. Search dan cari script  <b:widget id='Blog1' locked='true' title='Posting Blog' type='Blog'/>
  4. Kemudian di bawanya ada yang kedua biasanya  <b:widget id='Blog2' locked='false' title='Posting Blog' type='Blog'/>
  5. Kemudian hapus yang  <b:widget id='Blog2' locked='false' title='Posting Blog' type='Blog'/>
  6. Setelah itu klik save, jika ada perintah berwarna merah diabaikan saja.
  7. Cek layout kembali.
Nb: 
  • Kemarin pada script template saya wedget id blog 2 locked =true, tidak masalah tetap dihapus saja wedget blog 2 hingga terakhir ada tulisan wedget lagi, karena jika sampai tutup kurung blog, maka layout belum berhasil dirubah.
  • Jika script blog 2 ada di bagian atas script blog 1, maka tetap blog 2 yang dihapus scriptnya
  • Bisa diterapkan pada blog Archieve yang ganda atau bagian layout yang ganda, tinggal cek script wedget yang mana
Selamat mencoba, kalau tidak salah pasti kita gak belajar betul? semoga berhasil teman-teman ^_^. maaf tidak sempat screenshot gambarnya.

Minggu, 01 Februari 2015

Resep Omlette Tahu Simple

Omlete Tahu Simple
Pagi yang dingin di hari Minggu pengennya lanjutin tidur, oh tidak mungkin karena harus menyiapkan MPAsi untuk anak dan bikin sarapan buat yang besar-besar. karena lagi malas dan di kulkas menemukan dua bahan utama saja, akhirnya terpikirkan untuk masak "Omlette Tahu". Namanya makanan Itali tapi bahannya lokal dari tahu, hehe

Tahu adalah makanan favorit Saya pakai banget, mau digoreng, direbus, dikukus, dibacem, diapain aja oke apalagi setengah matang dan masih hangat pas banget dimakan saat musim hujan, wow Oishii

Tahu merupakan bahan makanan yang terbuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi  dan bahan yang dibawa oleh perantau asal negeri Cina ini mengandung nutrisi penting ,yaitu protein nabati.

Supaya tidak bosan dan maksudnya ingin masak yang simple bin tidak ribet jadilah menu "Omlette Tahu", berikut resepnya:

Bahan utamanya pasti 1 kotak tahu, 2 butir telur, 100ml minyak goreng. Untuk bumbunya 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 5 buah cabe kecil atau sesuai selera, dan satu buah daun bawang, semua bumbunya dirajang.

Cara memasaknya mudah sekali tinggal dicampur semua bahan dan bumbunya, kemudian tambah 1/2 sendok teh garam dan 1 sendok teh gula. tambahkan 1 sendok makan tepung terigu supaya omlette tidak hancur ketika digoreng. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dan adonan siap digoreng bulat-blat hingga berwarna kecokelatan.

Simple sekali mengolahnya, saran Saya dicampur sayuran dan sosis lebih mantab biar komplit kandungan gizinya, namun karena keluarga Saya tidak terlalu suka sosis jadi dua bahan tersebut malah bikin nambah-nambah. Selamat mencoba *_*

Gara-gara Pakai Mahendi (Pelajaran Penting)

Henna Mahendi
Tahun 2010 awal Aku berkarir sebagai guru yang sebenarnya, bersyukur setelah wisuda langsung mendapatkan tawaran menjadi guru di salah sau SD Islam ternama Kota malang. mengajar anak-anak kelas 2 SD benar-benar tak pernah terbayangkan, karena Aku lulusan Sarjana Biologi yang seharusnya mengajar di SMP atau SMA, atau guru IPA.

Tantangan dan hiburan kalau boleh disebutkan. Tantangan karena dunia anak itu dunia penuh warna dan imajinatif, dunia kejujuran, keceriaan, dan kepolosan yang tak kan kita temukan saat dewasa.

Meskipun sudah mengajar, tapi Aku sering maen ke Kampus apalagi saat itu adikku mengikuti Final ke Surabaya. Akupun me-loby Pak Agus Santoso selaku Kemahasiswaan yang bergerak dalam bidang competitif, Aku ikut, horay kebetulan pas hari Minggu.

Sampai di Surabaya Expo Aku melihat banyak pameran dari siswa-siswi SMK-Mahasiswa dari berbagai Kampus. Sambil jalan ternyata mataku koq tertuju pada sekelompok siswi SMK yang sedang mempromosikan seni lukis tangan yang terkenal di Arab dan India, yapz namanya Mahendi atau pacar henna murah meriah hanya Rp 5000,00 . tanpa ba..bi....bu Aku lari untuk dilukis dan gak tanggung-tanggung tangan kanan kusodorkan.

*_*

Hari senin Aku tergesa-gesa masuk barisan guru untuk mengikuti Upacara, Aku telat akibat masalah teknis di jalan, fiuw berkeringaaat...

Awalnya baik-baik saja sampai di Kelas, kemudian dua murid perempuanku yang paling pinter, dewasa, dan berani tentunya tiba-tiba mendatangi bangkuku dan menegurku "Lho! Bu Zaqia pakai tatto?", mak jleb dah hatiku tuing-tuing bingung menjawab.

"Hmm, ini pacar henna nduk." jawabku mengelak
"Ya, tapi sama seperti tatto bu, muridnya kan tidak boleh pakai tatto tapi gurunya koq boleh?" serang mereka

Wajahku tak kuasa menutupi malu, baru sadar kalau Aku bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu. kemarin dengan semangatnya Aku melukis tangan, sebelah kanan lagi yang pastinya kentara banget terlihat apalagi saat salaman dengan murid-murid. Yah, lilin sudah meleleh, ditutupi juga tidak bisa karena mengelilingi jariku. Al hasil selama seminggu Aku jadi buah bibir seanteroo warga sekolah seperti artis yang fashionista hihi alay sampai dipanggil Wakasek deh, ada pro dan kontra juga pastinya.

Akhirnya pulang mengajar Aku curhat dengan teman kosan bagaimana cara menghilangkan henna itu sebelum seminggu. akhirnya kubersihkan menggunakan Aceton yang biasa untuk menghilangkan cutex di kuku, kugosok-gosokkan sampai jariku mengapal dan panas sambil menyesali kecerobohan akan perubahan status menjadi guru. Demi gaya tapi akibatnya lumayan menimbulkan maluku, Alhamdulillah 3 hari hilang itu lukisan.

Hikmahnya:

Terkadang, Kita tidak mengetahui kalau apa yang kita lakukan itu salah sebelum kita melakukannya (istilahnya kalau gak pernah salah berarti gak belajar).

Kesalahan bukan sepenuhnya dosa, namun kebenaran yang tertunda untuk disadari dan diperbaiki.

Guru adalah tauladan atau figure bagi anak didiknya, sehingga perlu untuk mewaspadai tingkah laku dan perbuatan.

Anak-anak hidup dengan kejujuran dan kepolosan yang bisa menyadarkan kita, bukan berarti derajat kita akan turun akibat kritikan mereka, thankslove and miss you all my student *SD Muhammadiyah 9 Malang.