Senin, 02 Maret 2015

5 Tips Mengatasi Ketegangan saat Operasi Caesar

www.obat.in
Mendengar kata Operasi tentunya cukup membuat adrenalin meningkat, takut melanda sebelum menjalaninya, apalagi operasi bedah yang dialami oleh para Bunda yang bisa dilakukan lebih dari satu kali, hmm.

Setiap Bunda tentunya mengharapkan melahirkan dengan cara alami melalui jalan lahir, harus malah. namun ketika ada penyebab yang membahayakan janin atau Bundanya, pastilah operasi menjadi jalan keluarnya.

Begitupun Saya ketika melahirkan anak pertama dengan tanpa pengalaman baik secara normal atau operasi, berbagai rasa bercamur antara takut, khawatir, tegang tak terbayangkan. Sebenarnya sejak terakhir periksa kehamilan 37 week, Saya sudah disarankan oleh Bidan dan Dokter Kandungan untuk melakukan operasi, karena bayinya besar dan belum menemukan jalan lahirnya jadi seharusnya lebih siap ya, tapi kenyataannya siap tidak siap harus dijalani.

Akhirnya, seminggu berikutnya saya harus melakukan operasi tanpa ada keluhan atau tanda-tanda akan melahirkan, namun harus segera dikeluarkan dengan alasan bayi semakin besar dan jika tidak dilahirkan saat itu dikhawatirkan membahayakan Ibu dan anak.

Setelah tes darah dan pemasangan infus, saya harus melakukan puasa 12 jam sebelum operasi, namun tiba-tiba harus ditunda keesokan harinya, tambah tegang jadinya :-(. 

Memasuki ruang operasi, saat tangan terpisah dari genggaman keluarga, disitulah Saya merasa seorang diri dengan ketakutan yang menghimpit. namun ada kisah lucu dan 5 tips untuk menghilangkan rasa panik, tegang, dan takut saat berada di ruang operasi, simak ya:

  1. Doa. untuk satu ini pasti wajib dan utama, memohon kelancaran dalam proses operasi karena kita tidak tahu apa yang terjadi selama proses berlangsung dan akan seperti apa pelaksanaannya. 
  2. Percaya. kepercayaan pada tim yang akan mengoperasi kita bahwa mereka akan melakukan yang terbaik dalam proses pelaksanaan pengambilan janin.
  3. Mendengarkan musik atau murattal. Bersyukur sebagian besar Rumah Bersalin selalu menyalakan musik classic atau murattal dalam ruangan operasi. menurut hasil penelitian, salah satu fungsi musik classic adalah mengurangi stres dan rasa sakit.
  4. Ajak bicara tim yang di sebelah kita. ini salah satu cara lucu yang ampuh mengusir rasa tegang dan ngantuk saat operasi melanda sampai-sampai Saya dapat julukan "Mama cerewet" di ruangan tersebut. sebenarnya alasannya karena Saya pernah dapat cerita dari saudara kalau setelah melahirkan tidak boleh tidur, takut kebablasan. akhirnya tersugesti meskipun tidak terjadi.
  5. Pasrah atau tawakal. Setelah apa yang diusahakan hendaknya menyerahkan hasil berikutnya kepada Allah. semua adalah yang terbaik
Hamil dan melahirkan anak adalah kebahagiaan sempurna seorang wanita sehingga lelah dan sakitnya perjuangan ketika hamil dan melahirkan akan lenyap seiring kehadiran sang buah hati. ^_^





2 komentar:

dina mengatakan...

Betul mba, pas mo melahirkan tegang, dan nyerinya itu lho "nikmat" he tapi sakitnya lenyap pas buah hati hadir, alhamdulillah kalo saya 3 anak lahir normal di bidan :)

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

pngennya anak kedua normal mak...yg prtama jdi pnglaman soalnya sya ngidamnya makan nasi...bisa spe 5x hihi...