Minggu, 03 Mei 2015

5 Makanan Sehat untuk Tulang

Tulang
Sejak memiliki anak, entahlah Saya merasakan tulang-tulang pada tubuh semakin rentan pegal-pegal apalagi setelah beraktivitas seharian, padahal usia masih kepala dua, hmm.

Tulang merupakan penopang gerak tubuh manusia, tanpa tulang dan sistem rangka maka tubuh kita tidak akan mampu berdiri tegak, apalagi ketika terjadi cidera atau kelainan dan berdampak ketidakseimbangan pada fungsi utama tulang sehingga kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari. 

Selain sebagai penegak tubuh, tulang berfungsi untuk melindungi organ penting dan sel darah, menyimpan mineral dan energi, sungguh fungsi yang sangat penting bagi stabilitas gerak tubuh manusia. Meskipun tulang sebagai alat gerak pasif yang di gerakkan oleh otot, namun kerjasama keduanya sangat penting dalam sistem pergerakan kita.

Pencegahan dan pengobatan tentunya dilakukan demi kesehatan tubuh terutama tulang, hidup terasa indah ketika tubuh kita sehat dan menikmati segala Anugerahnya bukan? Menurut Dr. Lia Marliana, SpOT banyak cara untuk memelihara kesehatan tulang, diantaranya adalah: melakukan latihan atau olahraga rutin minimal jogging, pengaruh sinar matahari di bawah jam 09.00 pagi dengan kandungan Vitamin D yang tinggi. 

Sedangkan pola hidup sehat yang berasal dari makanan kaya kalsium akan Saya uraikan sebagai berikut: 

Pertama, Susu dan turunannya. Susu adalah cairan putih yang dihasilkan oleh kelenjar mamae salah satunya manusia dengan kandungan gizi yang lengkap untuk tulang. yaitu: kalsium, fosfor, vitamin, magnesium, zink, mineral dan lemak. namun tidak semua menyukai susu karena rasanya yang eneg dan terkadang bau amis. solusinya bisa dengan mengkonsumsi  turunannya berupa: keju, yogurt, mentega, es krim, dan lain-lain.
Segelas Susu
Kedua, Tempe. Tak disangka lauk wajib Saya sehari-hari mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang ya, dari bahan dasarnya berupa kacang kedelai selain kaya protein nabati ternyata juga kaya vitamin dan mineral, bahkan tempe memiliki senyawa isoflavon yang berguna untuk melawan radikal bebas yang merusak sel tubuh., jadi jangan bosan-bosan untuk menuliskan lauk wajib berupa tempe dalam setiap hidangan makanan sehari-hari.
Tempe
 Ketiga, Brokoli Hijau. Brokoli ada dua warna, yaitu putih dan hijau. brokoli hijau merupakan sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama bayi dan wanita. karena kandungan vitamin dan mineralnya terutama kalsium membantu pertumbuhan tulang pada bayi. brokoli juga bisa digunakan sebagai diet karena kandungan seratnya yang tinggi, bisa sebagai anti depresi karena kandungan vitamin B dan folat, sebagai anti kanker juga, mencegah penyakit jantung dan menghaluskan kulit.
Brokoli Hijau
Keempat, Bayam. Bayam menjadi salah satu sayuran favorit keluarga karena selain harga yang mudah dijangkau, pengolahannya sederhana, namun khasiatnya luar biasa. sayuran dengan daun berwarna hijau ini banyak mengandung vitamin dan mineral berupa fosfor, magnesium, dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh terutama tulang kita. selain itu bayam memiliki banyak serat untuk memperlancar pencernaan, menyehatkan jantung, menambah daya ingat, dan lain-lain. hmm tidak salah ternyata serial cartoon Popaye menggunakan jargon si bayam ini karena mengajarkan pada penonton untuk gemar makan sayur terutama sayur hijau seperti bayam.
Bayam
kelima, Kacang panjang. Sayuran hijau selanjutnya yang kaya akan vitamin (A dan C) dan mineral (fosfor, magnesium, kalsium, zink, folat) adalah kacang panjang.  buahnya yang panjang-panjang bisa dikonsumsi mentah sebagai lalapan atau diolah  terlebih dahulu sama-sama mantab tanpa mengurangi kandungan gizi di dalamnya. manfaatnya juga sangat banyak sebagai anti kanker, antioksidan, kaya serat terutama yang mentah, meningkatkan fungsi sel.
Kacang Panjang
Selain kelima makanan di atas, perlu juga menambahkan menu buah yang kaya serat dan vitamin mineral bagi kesehatan tulang. salam hidup sehat dan mari mulai saat ini juga ^_^

9 komentar:

mfrosiy mengatakan...

Serius itu tempe juga bisa? Baru tahu nih. Bisa2 makan tempe mulu tiap hari hahahaha.....

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

mfrosy:dahsyatnya kejaiban si tempe judulny :-D

Pakde Cholik mengatakan...

Saya minum susu secara intesif ketika menjadi taruna Akabri dan ndi lembaga pendidikan militer lainnya
Terus terang saya kurang suka minuk susu, apalagi yag muri.
Saya lebih suka kopi susu atau cappucino.
Selain bermanfaat, kacang-akacangan juga tidak dianjurkan disantap oleh penderita asam urat. Betul enggak, jeng?

Terima kasih infonya yang bermanfaat.
Salam hangat dari Surabaya

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Ternyata banyak juga ya, makanan sehat untuk tulang. Dan rata-rata mudah didapat serta terjangkau harganya ya mbak.. :)

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

Pakdhe cholik: leres pakde intinya sesuai porsi dan seimbang, jikalau tidak suka susu alternatifnta turunan susu pakde insyAllah...

mbk Nurul: iya mbk Saya jga baru sadar akan semua itu ^_^

Dewi Rieka mengatakan...

wah saya suka semuanya, cuma susu yang harus nyari yang low fat...ternyata sayuran juga bagus untuk tulang ya

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

mbk dewi: hu'um mbk saya malah mengurangi susu biar ndak ndutz hihi....sayuran emang segalany deh

Nindi Azzahra mengatakan...

makanan yang mengandung kalsium memang bagus untuk kesehatan tulang ya mbak.Terimakasih infonya

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

Nindy Azzahra: Sama-sama ^_^