Selasa, 05 Mei 2015

7 Asupan Gizi Kaya Omega 3 dan 6 untuk Anak

credit
Sejak anak berusia 6 bulan, Saya sering mencari informasi tentang menu-menu MP-ASI yang akan diberikan kepada anak. tentunya di awal-awal makan, dia tidak terlalu suka, namun pelan-pelan mau makan meskipun porsinya tidak banyak.

"Sehatnya anak tidak hanya dilihat dari banyaknya makan, melainkan perlu diperhatikan kualitas gizi yang terkandung dalam bahan makanannya"

Sumber asupan gizi untuk anak tentunya meliputi karboohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. yang paling utama adalah asupan gizi yang mengandung omega 3 dan omega 6, Mengapa? karena membantu perkembangan otak, meningkatkan memori pada anak, mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol, dan lain-lain namun tetap dikonsumsi sesuai dosis yang tepat. konsumsi berlebihan juga bisa menimbulkan stroke hemmorhagic dan pendarahan.

Menurut Dr. Ratna, beberapa makanan yang banyak mengandung omega 3 dan omega 6 yang baik untuk anak adalah sebagai berikut:

Pertama, Ikan Salmon. ikan salmon adalah ikan yang berwarna merah keorangean, berdaging tebal, tidak berduri kecil-kecil sehingga aman untuk anak. Ikan salmon diketahui banyak mengandung protein, omega 3, 6, dan 9 daripada ikan laut jenis lainnya. Menurut penelitian yang dilakukan, bayi yang mendapatkan suplemen makanan dengan tngkat DHA dan ARA (Omeega-3 & Omega-6) dalam dosisi tepat terbukti lebih dapat berkonsesntrasi. hanya dibutuhkan sekitar dua sampai tiga kali porsi salmon seminggu atau sekitar 200 miligram DHA perhari sudah dapat memenuhi kebutuhan ini. Dengan tercukupinya Omega-3 dan Omega-6 maka lemak yang diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel otak dan kecerdasan bayi dapat terpenuhi.
Ikan Salmon
Kedua, Ikan Tongkol. Ikan tongkol adalah jenis ikan laut selain salmon, dagingnya sangat gurih dan padat yang disukai anak-anak, mudah didapatkan, mudah diolah dan tentunya harga terjangkau sehingga tepat menjadi menu kaya protein dan omega untuk sehari-hari. meskipun sebagian dari kita memiliki alergi konsumsi ikan laut, tapi ada satu cara untuk menghilangkan alerginya, yaitu minum air rebusan tanaman kumis kucing karena kandungannya bisa menghambat gejala alergi terhadap ikan tongkol.
Ikan Tongkol
Ketiga, Telur.  menurut wikipedia, telur adalah zigot yang dihasilkan melalui pembuahan sel telur pada aves dan berfungsi menjaga embrio. bisa dikatakan kalau telur menjadi lauk wajib yang harus tersedia di dalam kulkas, hampir setiap hari telur menjadi alternatif menu yang murah meriah dan gampang pengolahannya juga. Sebagai bahan makanan, telur mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Kandungan omega 3 pada telur ayam dapat ditingkatkan melalui pemberian pakan bersuplemen kaya omega-3 yang peningkatannya dapat mencapai enam hingga sepuluh kali lipat dibanding tanpa suplementasi. (Adanya peningkatan komponen lemak yang dalam telur tidak mempengarhui kualitas telur yang dihasilkan).
Telur
 Keempat, Tempe. khasiat dan kandungan gizi dari tempe tenyata begitu dahsyat. selain kaya protein nabati yang berasal dari kedelai. tempe juga memiliki kandungan vitamin, mineral, asam lemak, dan asam amino. makanan yang terbuat dari fermentasi kedelai oleh jamur Rhizopus atau ragi tempe. secara visual berwarna putih padat akibat pertumbuhan misellia jamur yang melekatkan biji kedelai hingga memadat, dan tempe sangat baik dikonsumsi oleh segala usia (Bayi hingga lansia), karena beberapa kandungan gizi pada tempe bersifat antibiotik, menyembuhkan infeksi, dan antioksidan terhadap penyakit degeneratif. tempe biasa digunakan sebagai menu diet terutama bagi para vegetarian sangat pas seratnya banyak, menetralkan efek negatif kolesterol jahat karena banyak mengandung lemak tak jenuh majemuk (PUFA), niasin, omega 3 dan 6 sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung (koroner).
Tempe
 Kelima, Alpukat.  buah yang paling disukai keluarga Saya, kulitnya berwarna hijau tua hingga keunguan sesuai varietasnya, dagingnya empuk dan tebal, bisa dikonsumsi langsung ataupun dijus. buah Alpukat sangat baik dikonsumsi segala usia terutama untuk bayi dan anak-anak dalam usia pertumbuhan sel otaknya. manfaat buah Alpukat ini sangat banyak dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Kandungan gizinya berupa protein dan Asam amino, lemak yang bermanfaat untuk meningkatkan HDL dan mengurangi LDL bagus untuk diet vegetarian, karotenoid. Kombinasi unik dari buah alpukat seperti Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak membantu mencegah peradangan (anti-inflamasi).
Alpukat
Keenam, Minyak Ikan. minyak ikan bisa didapatkan dari berbagai jenis ikan laut yang banyak mengandung omega 3 dan 6. bagi anak-anak atau orang dewasa yang tidak tahan dengan bau amis akibat minyak ikan bisa mengkonsumsi minyak ikan yang berbentuk kapsul. minyak ikan adalah tambahan asupan gizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan otak dan daya ingat, mencegah jantung koroner, menambah nafsu makan, membantu mengatur keseimbangan mineral tulang, membantu kesehatan mata pada anak, kandungan omega 3 dan DHA dapat meningkatkan kecerdasan anak dan kemampuan membaca.
Minyak Ikan
Ketujuh, Susu. kandungan gizi susu tidak diragukan lagi karena sudah lengkap mulai dari karbohidrat, protein dan asam amino, lemak dan asam lemak, vitamin, mineral, kalsium, zat besi,     dan lain-lain yang cukup memenuhi asupan gizi pada anak, terutama ASI. “Susu pertama kali diperkaya dengan vitamin D sebagai untuk melawan rakhitis – penyakit yang menyebabkan tulang lunak atau lemah,” kata Kerry E. Kaylegian, peneliti dan penyuluh yang berasosiasi dengan Universitas Penn State of Agricultural Sciences. “Ini adalah pendekatan yang baik untuk mengatasi penyakit kekurangan makanan, karena begitu banyak orang minum susu, yang sudah sarat dengan nutrisi. Penelitian ini menjelaskan fortifikasi susu dengan omega-3 asam lemak EPA dan DHA. ada bukti bahwa omega-3 melindungi kita dan berkontribusi untuk jantung dan kesehatan otak. Susu akan menjadi alternatif kendaraan pengiriman nutrisi yang baik (www.mausehat.com).”

Susu
Tentunya masih banyak jenis buah dan sayuran hijau khususnya yang mengandung serat dan omega yang bermanfaat bagi perkembangan anak-anak. selamat mencoba para bunda, tidak pernah bosan untuk memberikan yang terbaik bagi anak kita, ^_^



 




3 komentar:

mfrosiy mengatakan...

Ternyata ikan tongkol gak kalah sama ikan salmon. Baru tahu nih...

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

yupz asal ikan laut bguus giziny mfrosiy...

kambing jantan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.