Senin, 08 Juni 2015

Antara Copywriting dan Job Review

Dua bulan ini kurasakan semangat menulis semakin menggebu-gebu, senyum tersungging di tengah kejenuhan aktivitas monoton yang akhirnya menelurkan hasil.

Alhamdulillah antara senang dan tegang karena pengalaman pertama setelah 9 bulan ngeblog (seperti hamil ya hehe), akhirnya membawa kabar positif, mungkin terlalu PD jika disebut freelance writer tapi tidak apalah lha emang serabutan hahay.

Bulan lalu aku mendapat tawaran untuk mereview klinik kesehatan dengan kompensasi berupa fresh money dan produknya. Bulan ini aku mendapatkan tawaran sebagai copywriter walau masih uji coba selama 10 hari, girang euy ^_^, semoga berlanjut terus deh ya, hope, Amin.

Awalnya bingung perbedaan antara keduanya dan tentunya dugaanku keduanya sama-sama menuliskan artikel dan mendapat uang, betul? eh ternyata keliruu pemirsa. setelah aku tanyakan apakah artikel ini bisa aku kirim ke media atau nampang di blog pribadi ternyata tidak bisa.

Usut punya usut aku mendapatkan ilmu baru di bidang penulisan nieh, ya tentang bedanya copywriter dengan job review, yaitu:

Pertama, Pengertian. copywriting adalah konten tertulis disampaikan melalui media cetak dan materi online, digunakan untuk tujuan iklan atau pemasaran. Jenis bahan tertulis sering digunakan untuk membujuk seseorang atau kelompok serta meningkatkan kesadaran merek. review adalah menuliskan evaluasi dari berbagai produk, diantaranya; kosmetik, buku, lagu, film, dan lain-lain untuk menaikkan rating pengguna, pembaca, atau penonton.

Kedua, Media Penulisan. kalau copywriting kita menulis artikel di microssoft word terus dikirim melalui email sedangkan job review menulis artikel di blog pribadi atau media lain.

Ketiga, Sudut pandang yang digunakan.  copywriting lebih bersifat umum jadi menggunakan sudut pandang umum, seperti kita dan Anda, kalau review memakai sudut pandang aku juga diperbolehkan karena biasanya berupa sharing pribadi terhadap penggunaan suatu produk.

Keempat, Sistem Pembelian . kalau copywriting sistemnya menulis untuk web atau blog orang lain, istilahnya artikel kita dibeli. sedangkan job review , space dan tulisan kita di blog itu yang dibeli. 

Hikmahnya, aku mendapatkan ilmu baru dan lebih memahami tentang kedua istilah tersebut karena perjuangan dan kesabaran menulis blog selama ini. harapannya ke depan membuka pintu rejeki yang lain, sehingga mengasah kemampuan untuk menjadi penulis professional.


6 komentar:

jari jempol mengatakan...

Wah qiqi, selamat ya, aku juga baru tau bedanya setelah baca ini heheheh,, good luck 😊😊😊😊

jari jempol mengatakan...

Wah qiqi, selamat ya, aku juga baru tau bedanya setelah baca ini heheheh,, good luck 😊😊😊😊

HM Zwan mengatakan...

berkah hamil hehehe...
yeay,selamat mbakkk,ikut seneng....semoga nular ke sayah xixixix

Pengobatan Kanker Usus mengatakan...

info yang bermanfaat gan

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Alhamdulillah.. berkat menulis ya mbak :)

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

mbk Fika: sama2 mbak smoga bermanfaat ya...

HM Zwan: trimakasih.. Amin smoga trtular juga mbk

Pengobatan Kanker Usus: smoga brmanfaat infonya

mbk Nurul: Akhirnya mbk walau blum seberapa tpi syukur Alhamdulillah ada prkembangan dari hobi nulis ini biar g skedar hobi ^_^