Sabtu, 13 Juni 2015

Review Buku Sam Di Gi: Buku Dongeng untuk Si Buta Huruf

www.Bukukita.com
Keterangan:

Judul K-Novel        : Sam Di Gi (Mizan BookFair 2015)
No. ISBN                : 9786022423829
Penulis                    : Won Yousoon
Penerbit                   : DAR! Mizan
Tanggal terbit          : Desember - 2014
Jumlah Halaman     : 132
Jenis Cover             : Soft Cover
Kategori                  : Anak-Anak
Text                         : Bahasa Indonesia ·

Sinopsis:


“Apa benar kamu tidak bisa baca?”

Seketika itu juga wajah Sam Di Gi memerah. Dia terlihat ragu, tak bisa menjawab pertanyaan Bo Ra.
“Benarkah itu?” Bo Ra sekali lagi bertanya dengan nada tidak percaya.
“Justru karena itulah dia disebut si Buta Huruf.” Hyun Jin mengungkapkan hal itu tanpa menghiraukan perasaan Sam Di Gi.
“Benar. Kenapa memangnya? Kamu mau apa?”
Sam Di Gi sangat emosi hingga tidak sadar dia membanting buku dongeng yang dibaca Hyun Jin ke lantai. Dia tidak marah pada buku itu. Dia hanya tidak mengerti, mengapa dirinya beda dari yang lainnya.

Review:

Kemampuan anak tidak hanya tergantung pada besarnya jumlah IQ  yang dimiliki, namun ada faktor lain yang mempengaruhi, yaitu lingkungan terutama lingkungan keluarga sebagai sekolah pertama anak. jika boleh memilih tentunya kita ingin terlahir dari rahim Ibu dan Ayah yang cerdas bukan? namun apa daya bagi seorang anak yang memiliki kebutuhan khusus seperti Sam Di Gi.

Sam Di Gi siswa kelas 2 SD, memiliki nama asli Um Sam Deok yang artinya "Seorang yang bermurah hati pada orang lain dan memiliki tiga sifat baik yang dapat menjadi tauladan", tapi sayang panggilan Sam Di Gi si Buta Huruf telah melekat pada dirinya hingga dia merasa menjadi anak paling bodoh dan tidak berguna. Sam Di Gi tinggal dengan Neneknya yang berusia 70 tahun dan buta huruf juga di Pedesaan, Ayahnya meninggal saat dia berusia 3 tahun, kemudian Ibunya pergi mencari nafkah dan hilang begitu saja. jadi, jika Sam Di Gi tidak bisa baca tulis, siapa yang salah?

Saat pindah ke Kota, lingkunganpun mengucilkan dan menghardik akan ketidakmampuannya dalam pelajaran dan sikap anehnya saat mengikuti pelajaran (suka main penghapus, memukul meja, berisik). dia melakukannya bukan karena malas, namun karena tidak mengerti dan tidak ada seorangpun yang rela membantunya dengan sabar.

Hingga pada saat musim semi datanglah siswa baru bernama Yeon Bo Ra. dia anak perempuan tegas yang mampu mencuri perhatian Sam Di Gi, memiliki hobi membaca dongeng hingga setiap hari dia selalu membawanya. dia tidak percaya jika Sam Di Gi belum bisa membaca dan menulis karena tidak pernah TK juga, hingga melihat sendiri nilai 0 pada pelajaran dikte.

Hanya Bo Ra yang memiliki sudut pandang berbeda dengan yang lain bahwa nilai Sam Di Gi tidak 0 melainkan ada 3 huruf yang benar. hal ini membangkitkan semangat Sam Di Gi untuk lebih giat belajar membaaca dan menulis. awalnya, Bo Ra membacakan dongeng dengan huruf besar dan ilustrasi yang menarik. Sam Di Gi menirukan dan menceritakan kembali kepada Neneknya di Rumah. pada akhirnya dalam waktu sebulan, Sam Di Gi memperoleh kemajuan dalam membaca dan menulis meskipun masih banyak huruf yang hilang. guru dan teman yang lain bahagia melihat perkembangannya.

Perhatian, kasih sayang dan kesabaran dapat merubah motivasi anak dalam mempelajari sesuatu dan memahaminya, bukan cacian dan putus asa yang harus diterima. lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat memegang peranan penting terhadap perkembangannya, dan tentunya adanya kemauan serta semangat untuk mempelajarinya. melalui membaca dongeng dan menceritakan melalui ilustrasi gambar dapat meningkatkan kemampuan baca tulis dan mendekatkan hubungan antara anak dengan orangtua maupun sesama teman.

Buku ini bagus dibaca oleh anak-anak hingga dewasa, para guru dan orangtua juga harus membaca buku ini agar lebih sabar dan telaten meskipun butuh waktu dan tenaga ekstra untuk melakukan perubahan. harga sesuai kantong dan tidak perlu waktu berjam-jam untuk menamatkannya.

Quote:
"Nilai 0 adalah  nilai untuk yang benar-benar tidak dapat menulis huruf, tapi Sam Di Gi benar 3 huruf: A, JA, DA"



2 komentar:

Dewi Rieka mengatakan...

juara banget yaaa buku inii, anakku suka banget mba...

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

mbk dew: rekomend dri mbk juga lhow...past bgus bukuny (y)