Jumat, 05 Juni 2015

Review Cenat Cenut Matematika: Wonderfull of Mathematics

Keterangan:
Judul             : Cenat-Cenut Matematika
ISBN             : 9786020309484
Penulis          : Nunu El Fasa
Penerbit         : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2014
Kategori         : Leadership & Motivasi
Dimensi          : 20 x 13,5 cm
Bahasa            : indonesia
Berat Produk: 400 gr

Sebenarnya buku ini sudah lama aku miliki tapi baru pengen baca dua bulan lalu. entahlah buku matematika pasti isiny tentang angka-angka, bacanya pasti jenuh. namun tiba-tiba penasaran setelah membaca beberapa cerita di dalamnya langsung kepincut, hahay.

 Ternyata tidak hanya cinta yang bisa bikin kita cenat-cenut memikirkannya, matematika bisa bikin kita pucing pala barby namun tak mampu untuk dihindari, so, enjoy it. sebenarnya aku juga punya pengalaman tentang matematika dan ayah, tapi jeng Nunu gak ajak-ajak, peace, hehe. 

Kisah tersebut terjadi saat aku duduk di kelas 4 SD, aku memiliki kesulitan memahami pembagian dengan cara porogapit, dengan gemblengan sang ayah sampai nangis-nangis, keras namun tujuannya baik, akhirnya aku mampu memahaminya, singkat ya, ndakpapa dah dan buku ini mengingatkanku pada kisah lalu, entah benci atau benar-benar cinta yang jelas matematika itu seperti hidup kita, kadang naik kadang turun, kadang mudah kadang sulit.

Buku yang ditulis oleh Nunu El Fasa ini sangat recomended karena cover berwarna putih dengan tulisan berwarna warni, serta dilengkapi hologram membuat mata tertuju padanya. aku suka buku dari sampulnya, itu jujur karena untuk menambah semangat membaca.

Buku ini menceritakan tentang berbagai kisah romantika, dilema, dan perjuangan untuk menaklukkan matematika beserta antek-antek yang menghalangi seperti guru killer, rumus njlimet, ulangan yang amazing, dan lain-lain. di dalamnya terbagi menjadi 6 Sub Bab dengan spesialisasi berbeda,  kontributor yang kece badai tulisan-tulisannya asli ngakak dan dalem, diceritakan dengan bahasa yang ringan. sub bab tersebut adalah: 
  1. Dari Benci jadi Cinta Matematika. mengisahkan pengalaman mengenai kebencian membawa rasa penasaran hingga tak sanggup meninggalkan matematika, perjalanan cinta dengan rumus matematika hingga bertemu pasangan hidup agar bisa matematika.
  2. Unforgettable Mathematics. menceritakan tentang kisah tak terlupakan bersama matematika, kisah mencontek massal berujung hukuman, jawaban jujur dalam selembar kertas ulangan, papan ambruk pembawa keberuntungan, kemenangan karena teori pyitagoras, dan lain-lain.
  3. Matematika? Hajar Bleh!. mengisahkan tentang terwujudnya harapan karena juragan angka, kegigihan untuk memahami satu rumus matematika, matematika dapat ditaklukkan dengan usaha dan latihan terus menerus dan lain-lain.
  4. Math Asyik. berisi tentang serunya matematika, kecintaan terhadap angka dan rumus, tips menaklukkan matematika, dan lain-lain.
  5. My Math Teacher. mengisahkan nano-nano guru matematikak yang killer dan baik, guru inspiratif yang tuna netra, guru baik berujung tragedi, guru cakep bagai pangeran, dan lain-lain.
  6. Catatan Cinta Guru Matematika. kisah tentang pengalaman suka duka para guru matematika dalam mengajarkan dengan mudah dan menyenangkan.

Selain itu, buku ini dilengkapi dengan metode perkalian garis bagi yang susah menghafalkan. caranya sangat mudah namun harus sering-sering dilatih, ala bisa karena biasa. Jujur, aku baru tahhu ada metode perkalian macam ini, terimakasih jeng Nunu El Fasa ya.

Buku ini pas cocok untuk orangtua, guru, pengajar, dan siapapun yang tertarik dengan matematika sehingga membuka wacana bahwa matematika tidak seburuk yang kita ketahui, matematika itu seperti makan, dalam kondisi apapun kita harus makan. matematika mau dihindari sampai kapanpun akan dekat dengan kehidupan kita.

2 komentar:

Obat Radang Tenggorokan mengatakan...

nice post

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

obat radang tenggorokan: terimakasih ^_^