Rabu, 30 September 2015

EF #28: "Green Rain By Shinee" a song that make me happy, spirit, and tauched

Everyone love song right? usually we listen music at the free time or break from activity althought just a minute. many benefit of listen music, such as: to refresh our brain so that avoid stress, feel sad and angry, give spirit, inspiration, and just entertainment.

Weekly Challenge of BEC today is about a song that .... truelly any song that i like it, so I confused will story about what a song. after open my file, I found this video which inspired for me as a teacher, Green Rain By Shinee.

video

This song is one soundtrack of Queen' Classroom Korean Vers Movie, beforee that was Japanise Vers. both of them very recomended to watched, because very inspirated espesially for education. this movie tell about a uniq teacher caracter who killer but have secreet about last moment as a good teacher. upset, so she move as a killer teacher with full  cared to her student. 

When watched the movie, I felt so angry, sad, touch, rightfully proud, and give applause about the caracter. everyone have spesial caracter to move better than last time.

Why I like song "Green Rain"? Because this song tell about wonderfull and happines of school and get science, the dance very easy, ear catching, fell cheerful, the siinger is my favorite boyband, tauched, etc. I never bored to repeat watch this video, listening this song, and exprience sense of lyric

Okey, this is story about my song... how about you?

Senin, 28 September 2015

Metamorfosa Masa Kecilku Penuh Warna (Gadis Tomboy)

Wah ada lomba Giveaway asyik nieh tentang masa kecil yang penuh warna,. kalau masa kecil anak-anak zaman  dule pasti bea sama anak zaman sekarang ya. terus rasa narsis yang timbul dari emak-emak zaman dulue juga beda dengan emak-emak zaman sekarang, betul tidak? betuldunk, bisa ibuktikan dengan seberapa banyak dokumentasi perkembangan anak-anak kita dengan dokumentasi kita dulue hehe...

Me, 5 Years Old
Langsung aja dech, di sini saya pengen cerita tentang warna-warni masa kecil saya dulue, salah satunya adalah kecenderungan bergaya ala Tomboy , maklum juga ya saya itu lima bersaudara yang kesemuanya cewek. bisa dibilang obsesi orangtua yang pengen punya anak laki kali ya atau emang dasarnya saya yang suka bergaul dan bergaya ala anak laki-laki. mulai dari pakaian, mainan, dan teman didominasi ala anak laki-laki hehey.

Me 10 Years Old and Sister
Saya dan adik perempuan yang memakai kaos biru pada gambar di atas, kaalu main kelereng itu paling jagoo deh, gobagsodor, kopral (lempar batu dengan batu), main layang-layang, sampai menjaring ikan di selokan pakai saringan teh hhihi. bisa dibayangkan paras muka kami seperti apa, ala pembalap (pemuda berbadan gelap), biar dech masa kecil tidak akan terulang lho. orangtua pastinya sampai geleng-geleng melihat tingkah kami, tapi membiarkan kami bermetamorfosis sendiri pas sudah dewasa dan mengerti asmara, ciyeeee :-D

Saat SD dan Tomboy
Maaf sekali ini foto saking lamanya tersimpan rapi sampai-sampai membentuk peta lukisan yang cukup memperburam fotonya, tapi tanpa mengurangi esensialnya kan? saat SMA, saya mulai bermetamorfosis memakai rok dan gamis kecuali sekolah, itupun saat wisuda pelepasan anak-anak SMA.

Wisuda SMA
Lah, tapi di masa kuliah saya kembali bergaya campuran, suka memakai baju ala perempuan, tapi kemana-mana memakai tas ransel ala kura-kura ninja, make up sadanya, dan sepatu ketz, jilbab langsungang yang praktis, nyaman dech meskipun banyak yang geleng-geleng kepala lihat my style tapi say PD juga.

Akhwat Tomboy "Simple Girl"
Metamorfosis penampilan sayapun berubah saat sudah bekerja sebagai guru, sudah mengerti pentingnya sebuah penampilan sebagai pemikat awal saat mengajar hihi, gaya ya. namun saya percaya semua ada masanya dan saat kedewasaan menghampiri, maka perubahan menuju lebih baik akan nampak dan dalam perjalanannya sangan penuh warna, dari hitam, merah, biru, hijau, hingga cokelat, hehehe.

Me, 25 Years Old



Sabtu, 26 September 2015

Idul Adha 2015: Pesta Dolong, Dikunjungi Murid, Kumpul Keluarga

Happy Idul Adha ^_^
Beberapa hari yang lalu, umat Islam telah sedang merayakan Iedul Adha 10 Dzulhijjah dimana salah satu tradisinya adalah menyembelih hewan qurban, hmmmkasihaan itu nasib hewan qurban, bahkan di Berita ada seekor sapi yang sangat sadar tiak mau isembelih sampai kabur dan memilih terjun ke sumur sedalam 5 meter sehingga akhirnya disembelih di dalam sumur tersebut baru kemudian diangkat ke atas, insyaAllahsurga buat para hewan qurban yang ditakdirkan mengikhlaskan dagingnya setiap tahun.

Biasa, di pagi hari rempong beresin rumah, setrika baju shalat, nyuci baju, nyiapin perlengkapan si kecil, gak pake masa soalnya ibu mertua sudah masak besar hihi, dasar menantu yang gak bisa masak saya ini ya aduuuh. setelah shalat ya...makan-makan lauk Dolong disantan, lha mau pesta sate  tapi belum dapat daging. eh tau tidak dolong itu apa? itu lho unggas mentog, mirip bebek tapi agak gemukan, mirip angsa tapi lehernya pendek, lho hehey.

Setelah itu sekitar jam 09.00 Wita, tiba-tiba rumah digemparkan oleh kedatangan rombongan murid-murid MTs Al Hikmah yang memang sudah pesan dari kemarin kalau mau berkunjung ke rumah,, tapi tidak menyangka hampir dua kelas dan memang saya mulai dekat dengan mereka. entahlah berasa jadi guru spesial atau mungkin guru yang sering dikerjai juga hihi dasarr aank-anak. GR ya, padahal mereka juga mengunjungi guru yang lain karena saat Idul Fitri sulit melakukan kunjngan lantaran mudik.

Setelah saya todong, eh ternyata ada juga yang bawain saya lontong sayur beserta buahnyaaa.. tahu saja kalo gurunya ini belum masak ya,, lho bu guru kan bercanda,,,tapiii terimakasih pemberiannya hahahay. tapi maaaaf nak kanaaak suguhannya hanya snack ala anak-anak dan air jernih yang menyehatkan serta halal saja. next time kita bikin kudapan makanan dan minuman bareng yuk, tapi tunggu bu aqia punya Rumah ya, soalnya ini kosan bisa gempa kalau tiga kelas pada kumpul.

Saya bersyukur bisa beraktivitas sebagai guru kembali meskipun belum full, Fafa bisa diajak kerjasama sehingga tidak mengabaikan tugas sebagai seorang ibu juga. semoga apa yang saya lakukan ke depan barakah Amin.

Siangnya,,, dapat panggilan untuk membantu masak dan mengolah daging di rumah mertua. siap-siap busiiing dengan bau daging tapi seneng juga pas matang mari berpesta ,,, Happy Ied Mubarrak

EF#27: Simple Seven Habits of Me, That Change My Life

credit
Long time no participation at weekly challenge of BEC Group and I know this post is too late but nevermind cause I want to start again exercise about writing in english.

Last week the theme about Simple Habits That Change My Live,  so I want to share about the simple of me, I hope its useful for readers.

  1. Breakfast. my parent habituate to breakfast at the morning to discover some energy and speed up our activity, fresh. althought just drink a glass of milk and bread or egg, its enough.
  2. Smile. smile is the simple one religious service yeah. smile can make our heart and other people heart feel calm.
  3. Be Patient. I know for emoional controlling is dificult but I try to do it everyday until I can realize next time. the procces more important than result
  4. Greeting. Say Assalamu'alaikum or the other greeting same with give the best prayer to other people, someone feel happy and love with friendly personal.
  5. Reading.  I like reading Alquran,  inspiratif story, kids story, and funny story cause I always feel amazed with plot, actor, and the writer. my favorite writer is Dewi Rieka, Dian Kristiani, Meti Herawati, Dee Lestari, etc.
  6. Sleeping on the day before afternoon. everyday I need sleeping on the day although just fifteen minutes. I think quality rest more important better thanhow long I take a rest. a benefit of sleepeng, after that I feel fresh and at the night I can write a blog without sleepy.
  7. Appreciate about Time. time is running around so fast and never comeback, so lets value the time with learn of time management. try to do something on time, fulfill a promise, give the best precious about me.
Hmmm, truelly manything about my habbits can change the life, but I think enough for this challenge. how bout you guys?

Rabu, 23 September 2015

Weekend ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pengambengan

Weekend kali ini kami memang berencana tidak ke Tower namun berpindah haluan ke pelabuhan untuk hunting ikan, kabarnya lagi banjir ikan laut dan juga kenus (cumi-cumi). terakhir ke Pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan ituuuuu Desember tahun 2012 hehe setelah menikah.

Pukul 07.15 Wita kami bertiga berangkat, namun sinar mentari sudah begitu terang nan panas. vitamin D bercampur ultraviolet siap menyongsong bumi, Hot pokoke. salutnya para nelayan seolah-olah menjadi juara atas dahsyatnya panas, bertarung melawan arus dan peluh beban di pundak. 
Nelayan dan Keranjang Ikan
Fafa sangat senang ketika berada di Pelabuhan, mungkin baginya ini kali pertama berada di tempat yang penuh dengan perahu, motor, pedagang ikan, bau amis, dan kotor. namun satu yang ada dalam pikirannya adalah ingin turun ke bawah menikmati main air, terbukti dari ucapannya aiir...airr..air...hahay.

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pengambengan ini merupakan tempat yang digunakan sebagai pusat bahan produksi sarden yang akan diolah di pabrik-pabrik yang berada di sekitar pelabuhan. Pengambengan memang terkenal dengan pabrik sardennya, ada puluhan pabrik yang berproduksi di bidang pengolahan ikan menjadi sarden dan tepung ikan. ikan menjadi sumber pendapatan tinggi di sana. semakin banyak ikan semakin banyak petes (uang), semakin tajam bau ikan itu dianggap rejeki yang akan melimpah.
Fafa dan Pantai Love It
Membeli ikan di Tempat pelelangan tentunya memiliki beberapa keuntungan, yaitu ikan yang dibeli fresh dari laut jadi belum mengalami post rigor, jenis ikannya lebih bervariasi, harganya lebih murah bahkan dapat bonus tambahan ikan juga, kayak kami kemarin apalagi suami mengenal pemilik agen ikan tersebut. sekresek hitam dengan isi ikan mata belok, ikan lemuru, ikan slengseng, dan ikan layur dalam jumlah yang lumayaan harganya cuma Rp 15.000,00, bahkan si cumi-cumi yang gurih sekilo hanya Rp 20.000,00 lho, yuk mari diborooong hmm.

Pedagang Langganan Suami
Tidak terasa hampir satu jam berada di Pelabuhan tapi perut sudah ja menyanyi minta diisi. kami pulang dengan membawa satu kresek hitam ikan segar siap dibakar. kami juga sering dapat kiriman ikan dari murid les yang orangtuanya adalah seorang nelayan, rejeki guru sholeh hehe.

Di rumah, kakek telah mempersiapkan bara api untuk bakar ikan, nenek menyiapkan nasi, sambal terasi mentah, dan lalapannya, suami membantu menyiapkan bumbu, si om Langgeng juga ikut nyiapin keperluan lesehan pribadi nanti. terus dakuw??? yaaa jadi mandor dunk alias nyuapin, mandikan, dan jagain Fafa supaya tidak ke tempat bakar ikan, lha dia suka nangkring dekat bara api kan bisa bahaya hahay.
Para Koki Ikan Bakar Lesehan Pribadi
Hmmmmm...bau ikan sungguh mengundang kelenjar saliva untuk menelan ludah, asap yang mengepul dari nasi, bau sambal mentah dengan aroma jeruk limau, lalapan kemangi dan terong juga tak tertahankan ni tangan dan mulut segera menyerbunya, wow yummyyyy ^_^. tidak perlu mahal dan tidak usah jauh-jauh ke tempat lesehan jika ingin menikmati lazisnya ikan bakar ini.

Menikmati ikan bakar di halaman samping rumah, ditemani pepohonan dan semilir angin cukup meningkatakan nafsu makan juga nih, habis itu kenyang, bobok cantik deeeh..alamat gagal dan lupa diet kalau ketemu dengan ikan bakar yang ditemani sambal maknyus. khilaf dan n kalap hihi
Selera Nusantara Banget


 


Selasa, 22 September 2015

Keutamaan Menuntut Ilmu dan Mengetahui Kejahiliyaan

credit
"Jika ingin mencium taman surga, maka seringlah hadir dalam taman surga (majlis ilmu)"
Menuntut ilmu adalah kewajiban ssetiap manusia supaya menjadi manusia yang lebih baik setelah mendapatkan pengetahuan. bahkan orang yang tidak berilmu akan masuk surga paling akhir dengan cara merangkak melintasi shiratal mustaqim, itulah kenikmatan surga paling rendah.

Beberapa keutamaan menuntut ilmu adalah : bisa mencium taman surga, menjadi pewaris nabi karena beliau orang yang senang belajar dan menuntut ilmu, menjadi manusia terbaik karena dengan ilmu mereka bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, orang yang menuntut ilmu akan dido'akan Allah dan diampuni dosa-dosanya, malaikat akan merendahkan sayapnya dan menaungi orang-orang yang menuntut ilmu di majlis ilmu manapun. 

Sebaliknya orang-orang yang jahiliyah (tidak berilmu) akan dijauhkan dari kenikmatan surga, biasanya kata jahiliyah adalah sebutan untuk orang-orang bodoh pada aman sebelum datangnya ajaran Islam. setelah datangnya Islam, Allah memerintahkan jika masuk ke dalam Agama Islam, maka masuklah secara menyeluruh.

Jahiliyah sendiri ibagi menjadi dua, yaitu: pertama, Jahiliyah Umum dimana membawa kebodohan dari zaman jahiliyah hingga zaman modern ini. kedua, Jahiliyah khusus yang mana kejahiliyaannya melanggar ajaran Islam.

Adapun beberapa perbuatan jahiliyah yang perlu diketahui dan dihindari adalah: membanggakan keturunan dan menilai orang berdasarkan materi atau penampilan, meminta hujan pada binatang, membenci dan menuduh karakter seseorang berdasarkan nasabnya (jika orangtua pencuri, maka anaknya belum tentu pencuri juga), meratapi mayat secara berlebihan terutama wanita lebih baik tidak ikut ke makam jika memang tidak kuat, orang yang berdandan secara berlebihan (tabarruj), minum khamr, dan membiasakan diri berbuat mubadzir.

Keutamaan berilmu marilah kita tingkatkan agar tidak tergolong dalam perbuatan-perbuatan jahiliyah masa lalu. berusaha menghindari perbuatan jahiliyah agar kelak menjadi manusa ihsan yang berilmu dan tawadhu'

Senin, 21 September 2015

Ulasan Novel The Dream in Taipei: Perjalanan Mimpi dan Hidayah

Cover Buku
Keterangan Buku:

Judul      : The Dream in Taipei City
Penulis   : Mell Shaliha
Penerbit : Indiva Media Kreasi
Terbit     : Februari 2014
Hal         : 360 hal

Sinopsis:


Ella Tan, gadis blasteran Jawa-Taiwan itu kini harus berpisah dengan ibunya di Surabaya untuk tinggal bersama sang ayah di Taipei. Ya, demi sebuah kesepakatan kedua orangtuanya yang telah bercerai. Bahwa di usia 17 tahun, Ella Tan harus tinggal bersama ayah kandungnya di negeri serumpun China itu.

Hidup bersama ayah yang sangat pendiam, dan ibu tiri beserta kedua saudara tirinya yang kejam membuat Ella merasa terasing. Namun, sinar keceriaan dia dapatkan dari sahabat-sahabat barunya di Universitas Nasional Taiwan, tempat dia kuliah. Hatinya yang polos tiba-tiba merasakan debaran cinta pada seorang dosen muda nan rupawan, Marcell Yo. Namun debaran itu harus pupus saat mengetahui bahwa hati sang dosen telah tertambat pada sosok wanita yang sempurna di mata Ella, Miss Wang. Di saat yang sama, Kim Hae Yo, pemuda Korea yang menjadi sahabat dekat Ella rupanya juga mempunyai rasa yang sama kepada Miss Wang.

Dalam keresahan itu, Ella menemukan sumber kekuatannya yang baru. Yaitu, saat sang ayah mulai menunjukkan rasa sayang kepada putri tercintanya. Sebuah impian mulai menguncup, impian untuk menyatukan ayah dan ibu yang ternyata masih saling mencinta. Akahkan impian Ella akan terwujud? Dan mengapa kemudian Marcell Yo dan Kim Hae Yo memberi perhatian lebih kepada Ella?

Ulasan Novel

"Kamu akan bertemu dengan orang-orang luar biasa yang bisa kapan saja membuatmu jatuh cinta. bahkan jika ketika imanmu tidak kuat, mereka bisa mengambil apa yang mereka inginkan darimu, jadi jangan berpikir untuk kehidupan sesaat"

Novel ini saya dapat sebagai royaliti penulisan antalogi I Proud to be Scouth, Alhamdulillah dapat voucher buku gratis terbitan indiva media kreasi dan kupilih judul "The Dream in Taipei" dan kumpulan cerpen FLp. mengapa saya memilih buku ini? pertama, saya suka membaca kisah inspiratif tentang perjlanan seseorang meraih keuksesan mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri, sekaligus menjadi salah satu cita-cita saya suatu saat bisa memberikan jejak di berbagai negara dengan menulis insyaAllah.

Saya senang dengan cerita yang disampaikan oleh Mell Shaliha meskipun saya bukanlah pengamat novel yang bisa memberikan saran dan kritik intelektual tapi saya penikmat novel-novel inspiratif. pada awal cerita saya menebak bahkan ada cerita antara Adrian dengan Ella Tan, namun ternyata saya keliru menebaknya hehe.

Hidup sebagai pendatang baru di negeri asing tentunya banyak hal yang patut diwaspadai terutama pergaulan dimana banyak mahasiswa dari berbagai negara dengan budaya dan latar belakang yang berbeda mampu memberikan pengaruh baik maupun buruk.

Bersyukur apa yang dikhawatirkan Ella tidak seburuk bayangan, banyak saudara-saudara satu negara yang sangat perhatian kepada mahasiswa baru juga mahasiswa yang seaqidah karena penampilan Ella dengan berjilbab cukup menonjol dan diperhatikan sekaligus pengenal sebagai muslimah. Ella mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru meskipun bukan keluarganya yang membimbing.

Perjalanan mimpi Ella di bawah perjanjian kedua orangtuanya memberikan beban tersendiri karena dia merasa ayahnya tidak pernah menyayangi dia dan ibunya, karena tega menceraikannya. dia tidak mau terusik dengan permasalahan masa lalu hingga dia ingin mandiri. namun diluar dugaan, perhatian ayahnya begitu besar dan masih mencintai istri yang telah ditinggalkan, sang ayah melihat kebaikan dan kepandaian masak yang dimiliki anaknya itu terwarisi dari wanita yang dicintainya dahulu dan selamanya. beliau merasa diayahkan oleh Ella daripada dengan keluarga barunya yang selalu bersitegang.

Kemudian cinta Segitiga ala drama koreapun terdapat dalam novel ini, dua bule Mr. Yo dari Taiwan dan Kim Hae Yo dari Korea Selatan menghiasi kisah asmara yang terlindungi oleh prinsip Islami menuju hubungan yang halal.

Sebagai muslimah, Ella ingin menjaga hatinya dan juga mengingat apa yang dialami Ibunya terdahulu tak mau terulang lagi, slain itu tujuan utama Ella ke Taipei adalah untuk belajar. jalan Allah untuknya pasti sudah ditetapkan.

Perjalanan impian Ella juga diikuti dengan perjalanan hidayah Kim Hae Yo, kebiasaan bersama Ella ketika beribadah mendorongnya untuk mengenal Tuhan dan Islam. karakter yang berbeda dari muslimah bernama Ella mengingatkan pada sifat ibunya yang telah meninggal. meskipun alur mencapai hidayah terlalu singkat dan biasa, tapi saya suka karena ada unsur dakwah ihsan di sana.

Ending ceritanya cukup singkat, saya kira ditambahkan bersatunya kembali kedua orangtua Ella, atau berucapnya syahadat Kim Hae Yo karena dia hanya meminjam buku Islam saja kepada Arman, bagaimana akhir perasaan Mr. Yo atau miss wang. satu lagi saya kurang faham tentang tujuan  epilog dari Kim Hae Yo, kenapa bukan Ella sebagai tokoh utama mbk Mell? namun saya tetap salut dengan ceritanya menginspirasi. salam kenal dan terus berkarya ya mbak, do'akan suatu saat saya bisa bikin novel yang inspiratif juga ^_^

Ella Tan: "Aku percaya bahwa tidak selalu orang pertama yang aku cintai yang selalu bisa bersamaku, tapi engkaulah orang kedua yang paling aku cintai yang selalu ada i sisi hatiku terdalam"

Kim Hae Yo: "Tidak ada hal paling berkesan selain senyummu. tidak ada hal paling menyakitkan selain tangismu. cukup kau percaya bahwa akulah satu-satunya yang akan selalu menjagamu, saat ini dan sampai nanti. tetaplah tersenyum, karena senyummu adalah segala semangat untuk hidupku. kau tahu kenapa aku kembali? hanya untukmu" 

Rabu, 16 September 2015

Piknik untuk Mengisitirahatkan Otak dan Family Time

"Secerdas apapun dan secemerlang apapun otak tetaplah perlu beristirahat. Hal ini sering dimanfaatkan orang untuk berlibur sekedar melepas penat dan lelah setelah terkuras energinya untuk bekerja"
Sudah bukan hal asing bahwa aktivitas manusia modern saat ini sangat banyak, bahkan tidak sedikit yang berkeluh kesah "saya butuh waktu lebih dari 24 jam untuk menyelesaikan pekerjaan yang tiada habisnya", bahkan seorang Ibu Rumah Tangga seolah-olah waktu berlari meninggalkan pekerjaan yang super. mereka bangun paling awal di pagi hari dan tidur paling akhir di malam hari, karena saya juga begitu ditambah mengajar di pagi hari dan menulis.

Melakukan aktivitas yang monoton setiap hari di bawah tekanan target pekerjaan cukup membuat saya jenuh, badan capek, kepala pening, dan drop. sehingga saya mengusulkan kepada suami untuk menjadwalkan minimal seminggu refreshing otak dan melupakan pekerjaan sejenak walaupun masih menumpuk hihi.. mengistirahatkan otak ada banyak cara, salah satunya piknik. piknik tidak harus tamasya di tempat wisata dengan biaya yang mahal kan?

piknik paling sederhana buatku adalah bercanda dengan keluarga kecilku di rumah, selanjutnya bisa  jalan-jalan ke mall atau ke Tower alias Gedung Ir. Soekarno-Jembrana-Bali, di sana banyak aktivitas refreshing untuk keluarga, dilengkapi wahana bermain, berolahraga, bersosmed, kuliner, dan lain-lain. kalau anak saya paling suka naik odong-odong bisa berjam-jam, sampai pemiliknya ngasih diskonan spesial buat penumpang satu ni dan sambil nunggu, orangtuanya bisa menikmati berbagai kuliner yang ada.

di Mall
di Tower
Bersyukur domisili kami berada tidak jauh dari pantai, seperti diketahui bahwa Pulau Bali dikelilingi banyak sekali pantai dengan satu arus namun namanya berbeda-beda sesuai daerahnya.  saya berada di Negara-Bali dan dekat dengan 3 pantai, yaitu pantai Cupel, pantai Pebuahan, dan pantai Rening. terkadang saat liburan atau sore hari ketika menjemput suami, kami mampir sebentar di pantai sambil menikmati deburan ombak dan kencangnya angin sore menerpa, memberikan semangat baru sebiru air laut, sungguh indah ciptaan-Nya.

Pantai Cupel
Pantai Rening
Selain ke pantai dan Taman Kota, kami biasanya piknik ke warung makan walau hanya beli Ice Cream setelah jalan-jalan dengan motor keliling kota menyumbangkan bensin hehe. makan di tempat yang berbeda dengan suasana yang berbeda akan memperbaharui kondisi otak kita juga lhow, sambil bercengkrama tentang evaluasi aktivitas minggu sebelumnya dan perencanaan untuk aktivitas seminggu berikutnya.

Japanise Food
sekedar menikmati Ice Cream
Bagi saya, moment-moment seperti ini sangat disyukuri, karena setelah setahun kami bertiga hidup terpisah dan akhirnya bisa berkumpul di Bali. piknik, selain untuk mengistirahatkan otak juga bisa sebagai sarana sharing dan family time. piknik juga cara kita mengenalkan anak tentang lingkungan, bermain, dan bersosialisasi.


Bogor, menjadi salah satu destinasi saya ketika liburan nanti apalagi kalau dapat hadiah menginap di hotel megah Padjajaran Suiters Hotels and Resort lengkap deh. Bogor  memiliki lebih dari 20 tempat wisata dimana sebagai wahana hiburan dan pendidikan. beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi adalah: Kebun Raya Bogor yang memiliki danau indah dan cafe daun nan sejuk, Istana Bogor yang mewah, Kampung budaya yang menampilakan berbagai macam tradisi Jawa Barat, Warso Farm yang merupakan pelopor agrowisata durian hmmm nyummy, Taman Safari, Jungleland Adventure Theme Park, dan lain sebagainya. diantara semuanya hanya Taman Safari yang pernah saya datangi itupun sdah 10 tahun lalu dan tidak ada dokumentasinya.

Selain tempat wisata, tak lengkap jika berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi kuliner khasnya bukan? tentunya bagi saya penikmat kuliner, suka sekali dengan makanan-makanan dengan rasa unik baik dari lokal maupun internasional. saya ingin mencicipi laksa khas Bogor dan Pepes sagu, sepertina menu tersebut unik. kalau papeda saya sudah pernah merasakan tapi pepes sagu??hmmm,bayangin dulu deh sambil berdo'a supaya menang Giveaway ini hahay ^_^

Tulisan ini diikutsertakan pada Lomba Blog "Piknik itu Penting"


Jumat, 11 September 2015

Efek Gestaltrzerfall, Ilusi Jastrow, dan Ilusi Optik Crazy Diamond

Beberapa Ilusi di bawah ini saya baca di komik Detective Conan ini saya simpan, karena menurut saya banyak ilmu-ilmu dan teori yang bisa isimpan sebagai file wawasan baru bagi saya. supaya tidak lupa yaaa disimpan di blog aja. bukankah salah satu manfaat ngeblog itu tulisan kita tidak bakal hilang sampai kapanpun. jika membutuhkan tinggal klik and search ^_^


Efek Gestaltrzerfall merupakan efek ketika terlalu banyak melihat tulisan atau benda yang sama, neuron pengenalan wajah  atau huruf melemah karena lelah, sehingga sulit mengenali huruf sederhana sekalipun.


Ilusi Jastrow merupakan ilusi dimana membandingkan ukuran dari dua benda dengan cara membandingkan dua sudut terdekat yang berjajar, sehingga untuk benda berbentuk seperti kipas, potongan yang berada dekat lengkung terkecil potongan lainnya akan terlihat lebih besar walaupun ukuran sebenarnya sama. Ilusi ini ditemukan oleh ahli psikologi Jastrow sekitar 100 tahun lalu.


Ilusi Optik Crazy Diamond merupakan ilusi tentang susunan keramaki saat dibuat dengan sudut 30 atau 40 derajat dengan gradasi warna sama di setiap kepingnya. bayangan tepian keramik yang saling bersentuhan, memerangkap perhatian manusia satu demi satu sehingga saat sedanng konsentrasi melihat bagian tersebut, kita terjebak dalam ilusi yang diperlihatkan oleh susunan keramik secara keseluruhan dan melihat warna bagian atas dengan bawah seolah berbeda, padahal sebenarnya sama.


Meskipun teori dan ilmu yang diperoleh berbahasa tinggi dan agak sulit saya pahami, namun tetap saja sebagai ilmu yang tidak akan lekang oleh waktu ya.


Ini Cara agar Mendapatkan Nikmatnya Iman

Santapan jasmani harus rutin setiap harinya, begitu juga santapan rohani paling tidak dilakukan minimal seminggu sekali agar jiwa ini tidak kering dan selalu basah oleh ilmu agama.

Beberapa waktu lalu saya mengikuti Pengajian Umum Ahat Pagi di Kota Mojokerto dengan penceramah Ust. Drs. H. Dhow'ul Qomar dari Malang. Beliau menjelaskan tentang "Cinta pada Allah dan Rosul".

Cinta kepada Allah dan Rosul memiliki hendaknya mulai kita tanamkan sebagai wujud rasa syukur atas apa yang dianugerahkan. indikator cinta kepada Allah dan Rosul diantaranya: merasakan kehadiran Allah, ketika nama Allah disebut maka bergetarlah hatinya dan meneteslah air matanya, mencintai Rosul sebagai langkah awal mencintai Allah dengan cara mengikuti sunnahnya supaya bisa merasakan nikmatnya Iman dan Islam.

Setiap Umat Islam selalu mengharap bisa merasakan nikmatnya Iman dan Islam dalam diri, tak terkecuali saya. Ust. Dhowf'ul menyampaikan bahwa ada 3 hal yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan nikmatnya Iman dan Islam, yaitu:
  1. Ketika kita bisa mencintai Allah dan Rosulnya melebihi cinta pada dunia dan isinya. memang sulit dan membutuhkan niat dalam hati yang benar-benar ikhlas serta proses kesabaran menghadapi ujian dari Allah sebagai tes tingkatan keimanan manusia.
  2.  Mencintai dunia karena Allah. begitupun saat mencari pasangan hidup hendaknya memenuhi kriteria cantik, kaya, dari keturunan baik-baik, dan Agamanya bagus. ketiga karakter boleh tidak terpenuhi asalkan yang keempat menjadi acuan, yaitu Agamanya.
  3. Tidak senang dilempar ke Neraka, setelah mendapat hidayah Allah, dia tidak mau mengulang kesalahan sebelumnya/ jatuh ke jurang yang sama (Taubatan Nasuhah).
Mari bersama-sama membiasakan belajar untuk mulai mencintai Allah dan Rosul-Nya dengan harapan mendapatkan ridho Allah dan merasakan nikmatnya Islam dan Iman.

Ulasan Buku Anak Saleh Kesayangan Bunda: Tidak Rugi Memiliki Akhlak Terpuji

Judul Buku  : Anak Saleh Kesayangan Bunda
Penulis          : Meti Herawati
Penerbit        : LoveableKids
Tahun Terbit: Juni, 2015
Tebal buku   : 126 Halalman
Cover Buku
                                                         
Ceritanya, buku ini adalalah hadiah dari penulisnya langsung, yaitu Teh Meti Herawati. salah satu penulis inspiratif kesukaanku, beliau mengadakan kuis di grup Komunitas Bacaan Anak, Taraaaa dari sekian kali kuis yang kuikuti akhirnya ada yang nyantol juga ya hihiy, lumayan dapat buku gratis yaa, langsung deh kubaca dan siap mereview.

Salma meremas-remas keras hasil ulangan Matematika yang baru diterimanya, dia merasa sedih karena hasilnya rendah dan baru kali ini nilainya rendah. Salma menyembunyikan hasil ulangannya dari teman dan orangtuanya karena malu. Ternyata penyebabnya adalah Salma asyik bermain dengan sepupunya dan yakin bisa mengerjakan ulangan tanpa belajar. Dia takut pulang ke rumah dan hampir saja melakukan kebohongan supaya tidak dimarah ibu, namun Ibunya menghargai kejujuran Salma dan menasehati agar tidak mengulang kesalahannya.

Irsyad menundukkan wajahnya, mendengar teman-temannya menceritakan kehebatan ayahnya. Hatinya rendah diri karena ayahnya hanya tukang ojek. Hingga teman sebangkunya yang bernama Saleh memotivasi agar selalu bersyukur, karena sesngguhnya Irsyad lebih beruntung masih memiliki orangtua yang bekerja keras untuk mencari uang dan memberikan kasih sayang kepada anaknya, berbeda dengan Saleh yang sudah tidak memiliki orangtua dan harus diadopsi sebagai anak angkat.

Cerita di atas adalah 2 dari 33 kumpulan cerita asyik tentang akhlak yang terpuji. memiliki akhlak terpuji banyak manfaatnya tentunya, selain mendapat pahala dari Allah, juga disayangi semua orang, dan punya banya teman pastinya. berbuat baik tidaklah sulit asalkan ada niat dan terbiasa melakukan sejak kecil.

Buku Anak Saleh Kesayangan Bunda sangat lengkap menurut saya dan tepat untuk dibaca anak-anak usia Sekolah Dasar khususnya dimana mereka perlu diajarkan berbagai akhlak baik untuk membentuk manusia berkarakter saleh nantinya. 

Berisi 33 cerita pendek tentang berbagai macam akhlak terpuji, seperti: sifat jujur, memiliki rasa malu, rajin beribadah, bersyukur, memanfaatkan waktu dengan baik, tidak sombong, sederhana, berbakti pada orangtua dan guru, dan lain-lain. 

setiap cerita disertai hikmah dan tausiyah, potongan ayat suci Alquran dan Hadist, ada juga beberapa cerita sahabat yang patut diteladani, misalnya: kesetiaan tiga sahabat yang kehausan hingga ketiganya meninggal, Bakti Abu Hurairah kepada Ibunya, Cinta Abu Bakar terhadap Fakir miskin, dan lain-lain.  dilengkapi juga Potongan Ayat Alquran dan Hadits, Game, dan Hikmah.

Ilustrasinya yang colourfull sangat menarik terutama covernya yang timbul dominasi biru laut dan abu-abu, adem deh bacanya. namun ada beberapa penulisan yang salah ketik dan ada beberapa warna tulisan yang kontras warnanya bikin pusing mata, contohnya background ungu tuisannya hitam. okey Happy reading all
Abu Darda berkata, Rasulullah bersabda " Tiada sesuatu yang lebih berat timbangan seorang mukmin pada hari kiamat daripada husnul khulq (akhlak yang baik)" (HR. Tirmidzi) 



Kamis, 10 September 2015

The Power of Giving: Pelajaran dari Iklan Thailand yang Mengharukan

credit
"Matahari masih terbit dan tenggelam setiap hari, kita juga perlu untuk melangkah ke depan, menggunakan ilmu pengetahuan untuk memberikan mafaat kepada orang lain"

Telat banget sebenarnya aku membahas tentang iklan-iklan dari Negara tetangga Asean, Thailand. beberapa waktu lalu banyak di sosmed merekomendasikan berbagai iklan yang bisa  membangkitkan empati penonton agar lebih peka terhadap sekitarnya. iklan-iklan mengharukan yang mengangkat berbagai kisah kehidupan based on true story dikemas apik oleh pembuatnya sehingga penonton terbawa alur dan mengena di hati.

Ada berbagai kisah diantaranya tentang keajaiban memberi  "The Power of Giving" antara guru dengan murid, kakak dengan adik, orangtua terhadap anak, pedagang kepada pengemis, orang sehat fisik terhadap orang lain yang kurang sempurna fisiknya, bahkan kebaikan manusia kepada hewan an tumbuhan juga menjai bagian di dalamnya. Memberi merupakan bentuk komunikasi yang bisa terkenang dalam diri hingga puluhan tahun lamanya, terutama bagi orang yang ditolong.

Kutipan di atas adalah ungkapan pembuka dari salah satu iklan Thailand yang bisa membuatku menangis tersedu-sedu, suir ndak bohong, yaitu berjudul Teacher , silahkan diklik. iklan tersebut menceritakan tentang seorang Professsor Anatomi Kedokteran yang begitu cinta mengajar dan selalu rindu mahasiswanya, memberikan perhatian kepada salah satu mahasiswa yang hampir putus kuliah karena masalah biaya. beliau memberikan beasiswa hingga lulus kuliah dan menjadi dokter.

Pada suatu hari, beliau menderita penyakit yang parah. namun tetap memaksakan diri untuk mengajar, kasihan mahasiswanya tidak bisa mendapat ilmu. akhinya tubuhnya ambruk dan kritis. singkat cerita si mahasiswa yang dulu mendapat beasiswa dari professor diberi amanat untuk menggantikan beliau menjadi Dosen Anatomi Manusia.

Professor berpesan bahwa menjadi Guru dan Dokter itu profesi yang sama-sama membutuhkan latihan dan pengetahuan. dokter lebih cenderung pada latihan mengobati pasien, sedangkan Guru berusaha memahamkan mahasiswanya agar ilmu yang disampaikan tidak keliru. Jadi, apapun profesi kita nantinya hendaknya memberikan manfaat kepada orang lain.

Bagian yang bikin nangis itu saat mahasiswanya menjadi pemulung, karena tidak ada orangtua yang akan bangga dan tidak ada biaya. dengan mantab professor mengatakan beliau yang akan bangga dan berjanji akan membantu asalkan serius. dan saat professor menghembuskan nafas terakhir hmmm...netes geh.

Ada juga iklan tentang hubungan kakak beradik dimana sang kakak selalu tidak dianggap oleh adiknya, hingga saat kakak terkena penyakit mematikan barulah sang adik menyadari perbuatannya terdahulu yang keliru, bisa klik video sistership.

Kisah seorang ayah yang sangat menyayangi anaknya, bahwa ketika anak sakit dan putus asa, maka orangtualah yang sangat bersedih. bahkan ingin sekali melakukan segala cara agar anaknya bahagia dan juga menggantikan apa yang dialami sang anak. berkat kesungguhan sang ayah, akhirnya anak berhasil T_T klik Video Father and Son.

Masih banyak video lain yang mungkin tidak cukup kalau dibahas semua. bukan berarti tidak suka iklan Indonesia tapi jujur beberapa iklan-iklan Thailand yang aku ihat tadi tak kuasa menahan air mata dan sarat pelajaran.

Next Time berharap Indonesia memiliki iklan khusus yang menginspirasi dan menggugah empati hati kecil penontonnya, semangaat ^_^  



Rabu, 09 September 2015

Teringat saat Sindrom Night Ingale

credit
Wah istilah apaan itu? mungkin sebagian teman-teman sudah pernah mendengar istilah asing sindrom night ingale. mungkin juga kita bisa membuka memori masa lalu saat anak-anak, remaja, atau bahkan ketika sudah dewasa.

masih ingat ketika kita merasakan cinta monyet? dimana hati selalu berbunga-bunga ketika mendapatkan perhatian dari lawan jenis, entah yang disukai atau tidak. pernah diperhatikan atau memperhatikan lawan jenis? nah ternyata ada istilah berdasarkan ilmu psikologi lhow, yaitu dinamakan sindrome night ingale. 

Menurut teori psikologinya, sindrome tersebut nerupakan rasa tertarik yang timbul antara pemberi perhatian dengan orang yang diperhatikan. istilah ini aku dapatkan saat membaca komik "Detective Conan", tapi lupa nomor berapa. jujur saja, aku memang tipikal cewek yang suka banget diperhatikan ataupun memperhatikan orang lain, aku tidak percaya pada cinta pada pandangan pertama. Diantara pengalaman jatuh cinta, selalu karena kebiasaan-kebiasaan atau kepribadiannya dalam aktivitas sehari-hari, hampir tidak pernah disebabkan first sight.

Menemukan mantan pacar yang saat ini menjadi suami juga karena bentuk saling memperhatikan akibat ketertarikan dari kutub positif dan negatif dalam diri masing-masing, memutuskan jadi magnet yang memiliki tujuan sama untuk merekatkan diri hingga magnet itu hilang dan usang dimakan usia. proses 6 tahun tidaklah cepat untuk memutuskan saling bersama, tapi jodoh pasti mendekat tanpa diminta *_*.


HIdup Mandiri: Mengawali Langkah Menuju Kedewasaan

"Beruntunglah bagi pasangan yang telah menikah dan mereka berdua memulai dari bawah. mensyukuri mobil mereka karena mereka pernah merasakan panas-hujan dengan sepeda motor. menyenangi spring bed baru mereka karena pernah merasakan tidur di atas kasur busa yang kecil. terharu dengan rumah pribadi mereka, karena dulu mereka pernah tinggal di sebuah kamar kos"

"Beruntung lah para pria yang memiliki wanita begitu mencintainya dan mendampingi saat-saat perjuangan menuju kehidupan yang lebih baik" 

Hari Ahad kemarin kami memutuskan untuk belajar hidup mandiri setelah sebelumnya tinggal bersama kedua orangtua dari suami. tidak ada masalah yang urgent, hanya ingin belajar menjalani bahtera rumahtangga yang sesungguhnya, mengatur dan memberikan solusi ketika terjadi goncangan maupun bada dalam mengarungi lika liku kehidupan.

Cepat atau lambat keputusan tersebut harus diambil sebagai bentuk awal langkah konkrit menuju pendewasaan pemikiran sebagai Ayah, Ibu, Suami, istri, maupun Anak. semakin lama terlena di bawah asuhan orangtua bisa meningkatkan kemalasan diri untuk berkembang dan kemauan untuk berusaha keras demi mewujudkan kesuksesan rumah tangga minim. namun dekat orangtua ada hikmahnya juga, selain memperdekat silaturrahim juga bisa saling memantau kondisi. semua kembali kepada hidu itu pilihan.

Aku bersyukur mendapatkan suami yang belum mapan, walau terkadang merasa iri dengan pasangan-pasangan yang telah mapan sebelum menikah. namun rumput tetangga tak selalu hijau, pasti ada badai lain yang mengiringi langkah mereka terdahulu. semuanya perlu proses, ada yang lama dan ada yang sebentar. dijalani, dinikmati, dan disyukuri apa yang dimiliki sekarang dengan kata Bismillah.

Mengapa tidak kontrak rumah? alasannya, karena saat ini sulit sekali mendapatkan rumah kontrakan yang sesuai. dan juga supaya penataan dan pembersihannya mudah jika di rumah kos. benar saja saat ini rumah dan kosan menjadi aset bahkan investasi yang bisa dikomersilkan dengan harga kurang lebih Rp. 350.000 per bulan, fasilitas ruang kosong, kamar mandi, dan ruang dapur yang pas, jadi tamunya di teras saja ya dekat jemuran hihi atau memakai kursi kasur Alhamdulillah. lumayaaan kan, semoga suatu saat mimpi jadi Ibu Kos terwujud Amin... ^_^

Ruang Utama Kasur beserta Modelnya ^_^
Seperangkat Almari dan Meja
Ruang utamanya 3 x 2 meter ukurannya, pas banget diisi dengan spring bed , almari, meja kerja, dan sebagan sisanya untuk shlat berjama'ah Alhamdulillah pas. karena memang barang-barang kami masih sebatas barang yang urgent saja.
Dapur dan Tempat Cuci Piring
Dapur minimalis tapi fungsinya maksimalis ehey, ada seperangkat kompor dan mejanya, gentong air bersih , rak piring mini, dan ruang untuk cuci piring. tempat untuk masak cukup satu orang saja, yang lain seksi menunggu diruang utama hihia.

Kamar Mandi
Terakhir kamar mandi. kata Ibuku, kebersihan seseorang bisa dilihat dari kebersihan dapur dan kamar mandinya, karena kedua tempat tersebut digunakan setiap hari dan gudangnya kotoran, jadi harus bersih. bersyukur kondisi kosannya bersih, jujur saja aku orangnya suka banget bersih tapi kadang kalau pas bersihbersih belum maksimal...yaaa, namanya juga baru, nanti kalau sudah lama dan terbiasa pasti bersih dan rapi.

okey Welcome to the real life Zaqia's Family, Have a long day be happy ^_^




Senin, 07 September 2015

Cita-cita Menjadi Ulama

"Orang yang benar-benar takut kepada Allah adalah seorang Ulama', dan suatu saat para Ulama' dihabiskan hingga manusia mengangkat orang-orang bodoh sebagai pemimpin yang menyesatkan"
 Masih ingatkakh ketika tiba-tiba muncul berita meninggalnya Ust. Jefry Al Bukhory dimana petuah dan tausyiahnya mampu menggetarkan para insan yang terkunci hatinya. perjalanan hijrah dari masa lalunnya yang kelam menjadi seorang Ulama' tentunya Allah akan menyayangkan jika harus hidup di dunia yang semakin multiproblem.

Menjadi Ulama sama halnya dengan menjadi khalifah di Bumi. pada dasarnya manusia diberi tuugas untuk menjaga bumi ini dan melakukan berbagai macam kebaikan di masa hidupnya. hendaknya sejak dini kita menanamkan cita-cita menjadi Ulama' yang takut hanya kepada Allah.

Ciri-ciri seseorang bisa dikatakan sebagai Ulama' menurut Ust. R Sa'ad Ibrahim, MA dari Malang, ada 5, yaitu:
  1. Menyadari berdasarkan pengetahuan dan ilmu tentang alam semesta dimana ada dzat yang merancang, memelihara, menumbuhkembangkan dunia ini, yatu Allah SWT.
  2. Memahami keEsaan Allah dan ilmu ketauhidan serta menghindari segala hal yang berkaitan dengan syirik.
  3. Memahami dan berusaha mengamalkan isi Alquran.
  4. Melakukan perbuatan-perbuatan yang menjurus kepada sifat Ulama' salah satunya mengikuti kajian keilmuan dunia dan akhirat.
  5. Melaksanankan shalat dan menafkahkan sebagian hartanya di jalan Allah SWT.
Sebagai manusia, Ulama' juga tidak terlepas dari salah dan khilaf. namun selalu bersaha menjaga kebaikan yang telah dilakukan hingga tidak terhapus dalam satu kali perbuatan dosa besar. Ujian Allah tentunya mengiringi perjuangan dan perjalanan setiap Hamba-Nya sesuai tingkat keimanan.

Fastabiqul Khairat, mari berlomba-lomba dalam melakukan kebaiakan saudara-saudara

Kamis, 03 September 2015

Pemandian Air Panas "BANJAR" -Singaraja, Bali: Relaksasi Di Tengah Guyuran Hujan ""

Pintu Depan Pemandian Banjar: Dok. Pribadi
Dewasa ini dan di masa yang akan datang, kebutuhan untuk berwisata akan semakin meningkat seiring pertambahan jumlah penduduk, serta perkembangan pola hidup manusia sehingga semakin membutuhkan hiburan (refreshing) akibat semakin tingginya kesibukan kerja atau meningkatnya kejenuhan masalah rumah tangga.
Sejak bermukim di Pondok Mertua Indah, hampir setahun Aku Stay at Home saja eh nggak ding paling keliling ke swalayan-pasar-trus rumah again hihi, eit alasannya bukan dipingit atau dilarang sama mertua melainkan Aku yang malas gak tau jalan, long distance dengan suami nun jauh di Papua, gak ada transportasi plus akomodasi, dan yang terpenting anakku masih belum bisa sering-sering diajak jalan, so sabar dan shalat deh solusinya hahay.

Nah, Bapak dan Ibu memiliki teman yang sudah dianggap sebagai keluarga sendiri dan Alhamdulillah keluarga tersebut tergolong kaya karena memiliki usaha pijat dan jamu tradisional dimana pelanggannya tidak hanya lokal melainkan internasional juga.  namanya saja tinggal di Bali pasti kurang afdhal kalau tidak ada bule hihi. beliau adalah Mbah Saiful beserta keluarga. Salah satu kebaikannya adalah mengajak kami refreshing makan-makan hingga tamasya. beliau paling suka merekomendasikan tempat Pemandian Air panas yang terletak di Singaraja.

Hari itu kami  sekeluarga diajak jalan-jalan ke Pemandian Air Panas "BANJAR" yang berlokasi di Singaraja-Bali. bagiku asal diajak refreshing apalagi gratisan, langsunglah senyum lebar dan gak nolak banget. heboh sejak pagi nyiapin perbekalan buat si kecil yang masih berumur 8 bulan, rempong juga padahal berangkatnya siang hahay...

Kita berangkat dari Negara-Bali siang hari, perjalanan ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam melewati hutan nan sejuk, di bagian dalam ditanami cabe, jagung, dan lain-lain yang sedang panen. selamat buat pak tani ^_^.

Hmmm, tapi ada yang bikin gak mood dalam perjalanan ini sodara-sodara. pasalnya kita sudah terlalu siang berangkatnya, kondisi hujan deras yang mengiringi perjalanan kami diikuti jalanan yang licin berliku bikin was-was. selain itu kami harus mampir ke swalayan untuk memberi beberapa perlengkapan yang tertinggal. taraaaaa... Al Hasil, jam 15.40 Wita kami baru sampai lokasi dan masih dalam keadaan grimis.

Hari sudah sore,, tempat yang dingin karena berada di dataran tinggi, dan sisa hawa dingin setelah hujan di sepanjang jalan semakin membuatku tak sabar untuk segera menikmati air panasnya.  Oh iya, suasana hati yang kurang mood ternyata mempengaruhi salah satu hobiku yang suka jeprat jepret. sehingga dokumentasi peagang Acessoris untuk oleh-oleh khas Bali terlewatkan.

Tempat Pemandian Air Panas "BANJAR" ini buka pada pukul 07.00 Wita dan tutup pada pukul 18.00 Wita, pintu masuk disambut dengan deretan pedagang Acessoris seperti kain bali dan baju khas Bali. Mereka menjajakan dengan ramah dan pastinya dibekali dengan Bahasa Inggris Aktif ya, karena para wisatawan Asing banyak berkunjung terutama saat weekend atau liburan, hehe Aku minder deh mbk..

Karena Aku dan rombongan sengaja datang pas Hari aktif jadi pengunjunnya tidak terlalu ramai, lebih menikmati sih, bulenya juga sedikit yang datang.

Hot Spring "Banjar" ini menyediakan 3 kolam pemandian air panas dengan berbagai kedalaman dan variasi. yang pertama kedalamannya sekitar 500 Cm dilengkapi pancuran bercorak ukiran khas Bali, cibyur asyik cocok buat anak-anak hingga dewasa yang tidak terlalu pandai berenang, itu modelnya my baby and my mom ^_^. Aku sembunyi saja jadi tukang foto hahay.

Senangnya Maen Air: Dok. Pribadi
kedua, kolam renang berbentuk persegi panjang yang terdiri dari kedalaman 1 meter hingga 2 meter. cocok bagi yang sudah mahir berenangnya.

Bule dan Guide Berenang: Dok.Pribadi
tempat ketiga, berada dekat tebing kecil dan jembatan pintu masuk pemandian, terdapat pancuran yang lebih tinggi. bagian ini sangat pas untuk orang dewasa atau orang tua yang ingin berendam.

Pancuran Air Tinggi dikelilingi Bunga: Dok.Pribadi
Baru berendap satu jam, kami harus bubar karena hujan semakin deras, cuaca mendung dan gelap membuat kami sedikit berlari dan berteduh, takut terjadi apa-apa. hmmm meskipun belum puas, lain kali bisa disambung lagi wisata kemari. yang penting sudah menyejukkan hati dan Aku jadi tahu bahwa wisata indah di Bali tidak hanya di Denpasar. setiap Kota di Provinsi ini pasti memiliki keunikan wisata tersendiri.

Setelah berendam di air panas, tentunya lapar dan haus menghinggap. tenang, di sana tersedia 2 cafe untuk memenuhi perut yang bergoyang. ada Restoran "Komala Tirta" yang dilengkapi wifi bagi pecinta internet gratisan seperti Aku hihiy dan ada juga cafe kecil dekat pintu masuk. namun, Aku dan rombongan lebih memilih membawa makanan dari rumah dan membawa tikar, lesehan deh di gazebo deket pos satpam, tak apalah yang penting perut tak joged lagi ^_^.


Bogor terkenal dengan wisata kulinernya yang unik dan aku punya teman blogger bernama Mbak Nurul Fitri Fatkhani. ingin sekali bertemu beliau dan berterimakasih karena sabar membimbingku saat masih menjadi blogger pemula yang cerewet. pada blog mbak nurul bayak bercerita tentang wisata kuliner dan pendidikan yang bermanfaat di sekitar Bogor, Subang, dan Bandung-Jawa Barat sehingga membuatku penasaran ingin berkunjung ke sana. aku juga mempunyai teman lama yang sedang melanjutkan study di IPB, ya jika ada kesempatan bisa silaturrahim bersama teman-teman baru maupun teman lama.

Piknik itu penting tidak hanya untuk bersenang-senang, namun bisa untuk silaturrahim dan menuntut ilmu. jadi, sambil menyelam minum air ^_^.

Tulisan ini diikutsertakan pada Lomba Blog "Piknik itu Penting"