Jumat, 11 September 2015

Efek Gestaltrzerfall, Ilusi Jastrow, dan Ilusi Optik Crazy Diamond

Beberapa Ilusi di bawah ini saya baca di komik Detective Conan ini saya simpan, karena menurut saya banyak ilmu-ilmu dan teori yang bisa isimpan sebagai file wawasan baru bagi saya. supaya tidak lupa yaaa disimpan di blog aja. bukankah salah satu manfaat ngeblog itu tulisan kita tidak bakal hilang sampai kapanpun. jika membutuhkan tinggal klik and search ^_^


Efek Gestaltrzerfall merupakan efek ketika terlalu banyak melihat tulisan atau benda yang sama, neuron pengenalan wajah  atau huruf melemah karena lelah, sehingga sulit mengenali huruf sederhana sekalipun.


Ilusi Jastrow merupakan ilusi dimana membandingkan ukuran dari dua benda dengan cara membandingkan dua sudut terdekat yang berjajar, sehingga untuk benda berbentuk seperti kipas, potongan yang berada dekat lengkung terkecil potongan lainnya akan terlihat lebih besar walaupun ukuran sebenarnya sama. Ilusi ini ditemukan oleh ahli psikologi Jastrow sekitar 100 tahun lalu.


Ilusi Optik Crazy Diamond merupakan ilusi tentang susunan keramaki saat dibuat dengan sudut 30 atau 40 derajat dengan gradasi warna sama di setiap kepingnya. bayangan tepian keramik yang saling bersentuhan, memerangkap perhatian manusia satu demi satu sehingga saat sedanng konsentrasi melihat bagian tersebut, kita terjebak dalam ilusi yang diperlihatkan oleh susunan keramik secara keseluruhan dan melihat warna bagian atas dengan bawah seolah berbeda, padahal sebenarnya sama.


Meskipun teori dan ilmu yang diperoleh berbahasa tinggi dan agak sulit saya pahami, namun tetap saja sebagai ilmu yang tidak akan lekang oleh waktu ya.


Tidak ada komentar: