Kamis, 17 September 2015

Piknik untuk Mengisitirahatkan Otak dan Family Time

"Secerdas apapun dan secemerlang apapun otak tetaplah perlu beristirahat. Hal ini sering dimanfaatkan orang untuk berlibur sekedar melepas penat dan lelah setelah terkuras energinya untuk bekerja"
Sudah bukan hal asing bahwa aktivitas manusia modern saat ini sangat banyak, bahkan tidak sedikit yang berkeluh kesah "saya butuh waktu lebih dari 24 jam untuk menyelesaikan pekerjaan yang tiada habisnya", bahkan seorang Ibu Rumah Tangga seolah-olah waktu berlari meninggalkan pekerjaan yang super. mereka bangun paling awal di pagi hari dan tidur paling akhir di malam hari, karena saya juga begitu ditambah mengajar di pagi hari dan menulis.

Melakukan aktivitas yang monoton setiap hari di bawah tekanan target pekerjaan cukup membuat saya jenuh, badan capek, kepala pening, dan drop. sehingga saya mengusulkan kepada suami untuk menjadwalkan minimal seminggu refreshing otak dan melupakan pekerjaan sejenak walaupun masih menumpuk hihi.. mengistirahatkan otak ada banyak cara, salah satunya piknik. piknik tidak harus tamasya di tempat wisata dengan biaya yang mahal kan?

piknik paling sederhana buatku adalah bercanda dengan keluarga kecilku di rumah, selanjutnya bisa  jalan-jalan ke mall atau ke Tower alias Gedung Ir. Soekarno-Jembrana-Bali, di sana banyak aktivitas refreshing untuk keluarga, dilengkapi wahana bermain, berolahraga, bersosmed, kuliner, dan lain-lain. kalau anak saya paling suka naik odong-odong bisa berjam-jam, sampai pemiliknya ngasih diskonan spesial buat penumpang satu ni dan sambil nunggu, orangtuanya bisa menikmati berbagai kuliner yang ada.

di Mall
di Tower
Bersyukur domisili kami berada tidak jauh dari pantai, seperti diketahui bahwa Pulau Bali dikelilingi banyak sekali pantai dengan satu arus namun namanya berbeda-beda sesuai daerahnya.  saya berada di Negara-Bali dan dekat dengan 3 pantai, yaitu pantai Cupel, pantai Pebuahan, dan pantai Rening. terkadang saat liburan atau sore hari ketika menjemput suami, kami mampir sebentar di pantai sambil menikmati deburan ombak dan kencangnya angin sore menerpa, memberikan semangat baru sebiru air laut, sungguh indah ciptaan-Nya.

Pantai Cupel
Pantai Rening
Selain ke pantai dan Taman Kota, kami biasanya piknik ke warung makan walau hanya beli Ice Cream setelah jalan-jalan dengan motor keliling kota menyumbangkan bensin hehe. makan di tempat yang berbeda dengan suasana yang berbeda akan memperbaharui kondisi otak kita juga lhow, sambil bercengkrama tentang evaluasi aktivitas minggu sebelumnya dan perencanaan untuk aktivitas seminggu berikutnya.

Japanise Food
sekedar menikmati Ice Cream
Bagi saya, moment-moment seperti ini sangat disyukuri, karena setelah setahun kami bertiga hidup terpisah dan akhirnya bisa berkumpul di Bali. piknik, selain untuk mengistirahatkan otak juga bisa sebagai sarana sharing dan family time. piknik juga cara kita mengenalkan anak tentang lingkungan, bermain, dan bersosialisasi.


Bogor, menjadi salah satu destinasi saya ketika liburan nanti apalagi kalau dapat hadiah menginap di hotel megah Padjajaran Suiters Hotels and Resort lengkap deh. Bogor  memiliki lebih dari 20 tempat wisata dimana sebagai wahana hiburan dan pendidikan. beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi adalah: Kebun Raya Bogor yang memiliki danau indah dan cafe daun nan sejuk, Istana Bogor yang mewah, Kampung budaya yang menampilakan berbagai macam tradisi Jawa Barat, Warso Farm yang merupakan pelopor agrowisata durian hmmm nyummy, Taman Safari, Jungleland Adventure Theme Park, dan lain sebagainya. diantara semuanya hanya Taman Safari yang pernah saya datangi itupun sdah 10 tahun lalu dan tidak ada dokumentasinya.

Selain tempat wisata, tak lengkap jika berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi kuliner khasnya bukan? tentunya bagi saya penikmat kuliner, suka sekali dengan makanan-makanan dengan rasa unik baik dari lokal maupun internasional. saya ingin mencicipi laksa khas Bogor dan Pepes sagu, sepertina menu tersebut unik. kalau papeda saya sudah pernah merasakan tapi pepes sagu??hmmm,bayangin dulu deh sambil berdo'a supaya menang Giveaway ini hahay ^_^

Tulisan ini diikutsertakan pada Lomba Blog "Piknik itu Penting"


6 komentar:

Hendra Suhendra mengatakan...

*TOS!!... Piknik memang bukan cuma tamasya ke tempat wisata ya mba, yang paling penting adalah kebersamaan. Saya juga ikutan nih, hehehe... Nice share ya

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

hendra...mkasih komentrnya, bner bnget bnyak cara untuk mrefresh otak terlbih piknik...

Nindya Prayastika mengatakan...

bener tuh mbak, piknik tuh gak cuma jalan-jalan ke tempat wisata aja! Jalan-jalan keliling kampung menurutku udah bisa dibilang piknik kok kalo itu udah merefresh otak dan bikin seneng :DDD

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

mbk Nindya: setujuuuu banget...yang penting happy n otaknya seger :-D

Murtiyarini, Arin mengatakan...

Terimakasih partisipasinya. Pengumuman diundur tgl 20 okt. goodluck.

Murtiyarini, Arin mengatakan...

Terimakasih partisipasinya. Pengumuman diundur tgl 20 okt. goodluck.