Kamis, 15 Oktober 2015

Ini dia: 5 Tipe Umat Muslim

Tulisan ini saya posting karena memang sedang merindukan adanya wadah kajian Islam untuk menambah wawasan keagamaan saya.

Ada satu kajian yang penah saya ikuti, yaitu bertema tentang apa sih tujuan sebenarnya mengikuti pengajian? karena niat adalah awal dari munculnya sebuah tindakan nyata. apakah hanya silaturrahim, menuntut ilmu, atau bahkan sebagai wadah untuk ghibah?

Tujuan diadakannya suatu pengajian tentunya sangat baik, yaitu membina diri pribadi dan masyarakat untuk menjadi masyarakat yang baik. nah, ternyata ada 5 tipe seorang muslim di dunia ini, yaitu:
  1. Muslim yang Mu'min. seorang muslim belum tentu beriman sedangkan orang yang beriman pasti seorang muslim. tanda-tandanya adalah mereka yang menjadikan Alquran dan hadist sebagai pedoman, aqidahnya lurus, cinta pertamanya Allah, dan ketika beribadah khusu' dan ikhlas.
  2. Muslim yang muslih. seorang muslim yang selalu memperbaiki diri untuk mengarah kepada kebaikan dan memperbaiki diri.
  3. Muslim yang mujahid. mujahid bukan berarti harus berperang, namun mereka yang memiliki semangat untuk berdakwah dan beribadah, serta memperbaiki diri dengan cara sungguh-sungguh.
  4. Muslim yang muta'awin. seorang muslim yang memiliki jiwa sosial tinggi, senang bekerjasama dan tolong-menolong dalam hal kebaikan, dermawan.
  5. Muslim yang Muttaqin. seorang  muslim yang bertaqwa, kokoh pendiriannya, dan kuat ilmu agamanya.
Nah, kita termasuk muslim yang mana? semoga kita senantiasa mendapatkan petunjuk dan bimbingan sehingga menjadi manusia muslim yang iridhoi Allah, Amin. 

Hmmm, penyemangat diri untuk memperbaiki diri hari demi hari, apalagi sekarang sudah memasuki bulan Muharram 1437 H, semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin, karena sungguh merugi jika kita lebih buruk dari hari ini dan kemarin. Happy New Year for Muslim Comunity

credit

2 komentar:

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Semoga kita termasuk muslim yang diridhai Allah Swt.
Allaahumma aamiin...

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

Amin ya Rabb...