Senin, 18 Januari 2016

8 Fakta Unik dari Pasta Gigi

Pasta Gigi

Pasta gigi adalah sejenis pasta lembek yang digunakan untuk membersihkan dan menjaga kesehatan gigi. biasanya diletakkan diatas sikat gigi untuk memudahkan proses pembersihan gigi. memiliki rasa mint yang meninggalkan rasa segar setelah menggunakannya, namun saat ini sudah tersedia berbagai rasa seperti jeruk dan stroberi untuk laihan bagi anak-anak.

Beberapa senyawa yang terkandung dalam pasta gigi diantaranya adalah Formaldehid, minyk peppermint, Paraffin, Gliserin Glikol, Titanium Dioxide, Sakarin, dan Menthol. kesemuanya memiliki fungsi yang berbeda dan tidak berbahaya saat digunakan, kecuali Formaldehid yang bisa berdampak pada kerusakan jantung dan kematian jika tertelan. itulah sebabnya setelah menyikat gigi harus diikuti dengan berkumur.

Pasta gigi memang benda yang sering kita gunakan, namun terabaikan. Selama ini mungkin kita cuek dengan segala hal yang terkait dengan pasta gigi, yang penting pasta gigi bisa membuat gigi kita bersih, putih, baunya harum, dan menguatkan gigi kita. padahal ada beberapa fakta unik yang bisa kita temukan dari pasta gigi ini, yaitu:

Pertama, Pasta gigi dikenal dengan nama ODOL. odol adalah merk pasta gigi pertama asal Negara Jerman yang dibawa oleh Tentara Hindia-Belanda. namun di Indonesia sudah lama terkenal dengan nama odol, sehingga sulit untuk merubahnya.

Merk Pasta Gigi "Odol"

Kedua, pasta gigi kemasan tabung terinspirasi dari pelukis paris. Dahulu, pasta gigi disimpan di dalam toples, kemudian pada abad ke-18 dr. Sheffield membuat inovasi dengan menyimpannya dalam tabung agar lebih praktis. ide tersebut diperoleh dari anaknya yang berprofesi sebagai dokter gigi di Prancis memberikan informasi jika para pelukis di sana meletakkan cat di dalam tabung.

pasta gigi kemasan tabung
Ketiga, makanan pengganti pasta gigi saat darurat. Apel, wortel, dan seledri bisa digunakan sebagai alternatif pasta gigi alami pada saat kondisi darurat, karena memiliki kandungan mentho; yang menyegarkan mulut. pada zaman dahulu, ketiga bah tersebut dimanfaatkan untuk pasta gigi alami.


Keempat, pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan dinding rumah dari crayon. memiliki anak di usia keaktifannya, biasanya akan melakukan kegiatan mencoret tembok atau lantai.. nah sekarang tidak perlu khawatir karena odol bisa digunakan untuk membersihkan kotoran tersebut, caranya: Kain basah yang telah diberi pasta gigi dioleskan ke dinding yang kotor berulang kali, jadi tidak perlu membatasi kretifitas anak.

Kelima, mebersihknn perhiasan dan bahan metal lainnya, kecuali mutiara. perhiasan dapat dibersihkan dengan pasta gigi dengan cara mengoleskan pada kain tipis yang telah dibasahi air, kemudian dioleskan pada perhiasan tersebut.

Keenam, untuk menghilangkan bau di tangan. Pernahkah kita mencuci tangan berulang kali  dengan sebun setelah membersihkan ikan, namun baunya tidak kunjung hilang? silahkan mencoba dengan menggunakan pasta gigi di tangan kemudian digosok-gosokkan seperti mencuci dengan sabun.

Ketujuh, dapat mengatasi gigitan serangga. Jika tidak memiliki balsem dan saat kondisi mendesak bisa menggunakan pasta gigi dengan cara mengoleskan pada bagian yag benjol atau gatal. Rasa dingin pasta gigi dapat menghilangkan gatal

Kedelapan, membersihkan sepatu kotor. cara membersihkannya yaitu, mengoleskan pasta gigi pada bagian sepatu yang kotor, kemudiain sikat dengan kuas

Demikian fakta unik tentang pasta gigi, semoga menambah pengetahuan kita semua ya ^_^

7 komentar:

Santi Dewi mengatakan...

kalo utk membersihkan sepatu, kulit sepatunya yg terbuat dr apa ya?

Hendra Vlog mengatakan...

iya aku kadang make odol buat cuci mukak sis bisa membersihkan komedo

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

Hendra: wah cucok ya? adik ipar saya juga menggunakannya...


Santi Dewi: dari bahan karet mbak di bagian sol luar warna putih biasanya cepat kotor dan berdebu...dicoba ya mbak.. :-)

Pengobatan benjolan di ketiak mengatakan...

izin menyimak

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

Pengobatan benjolan ketiak: monggo disimak smoga bermanfaat ya

Tania Rahmabima mengatakan...

Kenali Manfaat Kopi Untuk Mengobati Telinga Berdengung

Senang Merokok Dapat Memicu Penyakit Kanker Rahim mengatakan...

Senang Merokok Dapat Memicu Penyakit Kanker Rahim