Senin, 11 Januari 2016

Kisah Inspiratif Bu Sri Pengamen "Mimpi Sambalado"

credit
"Life is the Art of Struggle"
Kutipan di atas sangat tepat untuk menggambarkan kisah perjalanan hidup seorang wanita kuat dalam menghadapi berbagai macam ujian yang menimpa beliau. Siapakah beliau? mengapa menjadi pembicaraan di dunia medsos saat ini?

Yap, di youtube  dan media sosial kembali memunculkan kisah inspiratif seorang Ibu yang berprofesi sebagai pengamen.setelah sebelumnya beberapa tahun lalu muncul seorang pengamen anak bernama "Tegar" yang juga terkenal dari situs tersebut.

Berbekal ukulele dan suara merdu yang dimilikinya, Bu Sri memainkan beberapa lagu dangdut untuk menghibur para pengunjung Pasar di Bandung. lagu andalannya adalah Sambalado yang dipopulerkan oleh "Ayu Ting Ting" mampu membius para pengunjung. sambil menggendong putrinya, beliau tetap lincah memainkan ukulele dan menyanyi dengan penuh semangat, sehingga banyak yang tergugah untuk merekamnya dan kemudian mengunggahnya di youtube. saat ini beliau menjadi sosok yang terkenal dan menginspirasi lho..

Tahukah dibalik Air mata bahagia tersebut terdapat kisah pilu di masa lalu? masa kecilnya telah terenggut oleh keangkuhan kedua orangtuanya, hingga keputusan besar telah diambil dan kebahagiaanpun menghampiri. sejak usia 7 tahun, bu Sri telah merasakan asam garam menjadi pengamen karena paksaan orangtuanya. perasaan iri muncul saat melihat teman sebaya bisa bermain dan mengaji tanpa beban hidup, sedangkan bu Sri kecil jika tidak memenuhi target pendapatan mengamen maka habislah saat pulang karena dipukuli oleh ayahnya.

Tak kuasa menahan beban pikiran, akhirnya bu Sri kecil memutuskan untuk kabur sejauh mungkin dari kota Malang, kota kelahirannya. meninggalkan terminal Arjosari yang memberikan kenangan pahit kepadanya menuju stasiun kasih sayang di Bandung. karena di sanalah dia mendapatkan kasih sayang penuh dari sosok orang dewasa yang saat ini menjadi suaminya. hidup bahagia dalam kesederhanaan, bu sri membantu suaminya yang tuna netra dan berprofesi sebagai tukang urut dengan cara mengamen di Pasar dengan menggendong anaknya sejak setelah subuh hingga pukul 09.00 WIB.

Saat diberitahu temannya jika namanya terkenal di dunia maya, bu Sri tidak yakin karena belum tahu bukti nyatanya, maklum Handphone beliau masih jadul hahay. namun setelah mengetahuinya, beliau sangat bersyukur dan berdo'a agar bisa menghibur orang lain.

Mengapa senang dengan lagu-lagu Ayu Ting Ting? karena, menurut bu Sri Ayu Ting Ting adalah salah satu figure yang kuat dalam menghadapi berbagai masalah kehidupannya, lagu-lagunya sangat menghibur dan faktual.

Namun, ada kontra yang mengakibatkan para Netizen berkomentar sedikit pedas, yaitu saat membawa anaknya untuk bekerja sebagai pengamen. sempat dibilang untuk menimbulkan rasa empati, dianggap anak sewaan atau anaknya diberi obat tidur saat menyanyi sehingga diam tidak banyak tingkah. dan keraguan tersebut dijawab oleh bu Sri dengan jelas bahwa anaknya bukan anak sewaan karena pasti akan menambah biaya sewa, dan anaknya diam karena sedang nenen ibunya.

Perjalanan hidup bu Sri mengingatkan kita kepada Firman Allah dalam QS. Al Insyirah Ayat 5-6 bahwa setelah kesulitan selalu ada kemudahan. maka jika kita merasa mendapatkan ujian paling berat dari Allah, maka sabar dan kuat menjalaninya insyAllah kebahagiaan akan datang.

























 

2 komentar:

Buron 0341 mengatakan...

BUAT ibu sri smoga sukses slalu,,
bu sri jangan lupa ya sama tanah kelahiran nya BUMI AREMA
dan salam 1 jiwa

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

Buron 0341: terimakasih sudah mampir....yupz pasti Bu Asri tidak akan melupakan malang...krn Malang itu Kota yang paling sbagian besar orang rindukan...Amin