Sabtu, 13 Februari 2016

Alasan Mengapa Berhijab Bisa Bikin Awet Muda

credit
Berhijab, adalah salah satu perintah Allah kepada kaum wanita dengan cara menutup seluruh aurat pada wanita. aurat adalah bagian-bagian tubuh wanita yang tidak boleh diperlihatkan kepada bukan muhrim, yaitu bagian leher, kepala, dada, dan bagian perhiasan wanita, kecuali muka dan telapak tangan.

Firman Allah QS. Al Ahzab: 59 yang artinya:
"Wahai Nabi, katakanalh kepada istri-istrimu, anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, hendaknya mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, dan mereka tidak diganggu, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"
Saat ini sudah banyak wanita muslimah yang mengenakan jilbab dibandingkan puluhan tahun yang lalu, namun tanpa mengetahui manfaat dari jilbab tersebut. selain menambah keimanan dan kedekatan kita kepada Sang Khaliq, berhijab juga memiliki manfaat bagi kesehatan wanita, salah satunya adalah membuat awet muda. 

Menurut salah satu dokter Spesialis kulit dan kelamin yang juga sebagai penggiat Yayasan Kita dan Buah Hati, Dewi Kinum Kirana menyampaikan bahwa fakta peranan hijab bagi kesehatan. dikutip dari Humas Institut Pertanian Bogor, ibu Dewi memaparkan seiring bertambahnya usia akan terjadi perubahan kulit pada wanita. perubahan tersebut meliputi berkurangnya kolagen dan kelembapan , sehingga kulit menjadi kering, timbul kerutan, perubahan warna kulit, dan regenerasi kulit yang melambat.

Faktor perusak kulit ini adalah sinar Ultraviolet, alkohol, kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahay, gizi tidak seimbang, dan juga stres. salah satu pencegahnya adalah dengan berhijab. dengan berhijab, kulit akan tertutup dan terhindar dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kulit. 

Perlu diketahui juga bahwa tubuh manusia membutuhkan vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari pagi. namun untuk menyerap sinar matahari yang bermanfaat tersebut cukup diserap melalui muka dan telapak tangan, karena setelah pukul 9 pagi panas matahari berbahaya bagi tubuh dengan dihasilkannya spektrum elektromagnetik yang dikenal dengan sinar ultraviolet dan secara ilmiah sinar UV dapat merangsang melanosit, yaitu sel melanin untuk mengeluarkan melanin, akibatnya  merusak jaringan kolagen dan elastin. sedangkan jaringan tersebut berfungsi menjaga kesehatan kulit.

Oleh sebab itu memakai hijab bisa memperlambat proses penuaan dini, dan juga memakai hijab dapat menyehatkan rambut. karena kulit rambut terhindar dari kotoran dan debu sehingga rambut terjaga kesehatan dan kebersihan, dan juga menghindari kontaminasi oleh bakteri atau virus yang bisa masuk melalui kult kepala.

Bagaimana? masih ragu untuk berhijab readers muslimah? yuk, sedikit demi sedikit kita amalkan perintah agama, salah satunya dengan kewajiban untuk menutup aurat, insyAllah sehat jasmani dan rohani ^_^, Amin.

5 komentar:

Penyakit darah tinggi mengatakan...

buat para wanita mari kita berhijab :)

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

Penyakit Garah Tinggi: yuk mariiiiii ^_^

Hendra Suhendra mengatakan...

Subhan Allah, luar biasa ya ajaran Islam itu Indah dan bermanfaat banget... Saya mo pake jilbab ah, biar awet muda juga kayak mba nya

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

Hendra: wah klo kmu yang pakai..bahaya hehe

Senang Merokok Dapat Memicu Penyakit Kanker Rahim mengatakan...

Senang Merokok Dapat Memicu Penyakit Kanker Rahim