Senin, 08 Februari 2016

Menjelajah Tubuh di The Bagong Adventure Museum Tubuh Batu-Jawa Timur

Malang adalah salah satu Kota yang paling saya rindukan setelah tahun 2012 yang lalu saya tinggalkan karena mengikuti suami. bersyukur bulan Desember tahun 2015 kemarin saya mendapat kesempatan mengikuti studytour yang diselenggarakan oleh MTs Al Hikmah Cupel-Bali sebagai guru pembimbing.

Tour merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menambah pengalaman dan wawasan dengan cara mengamati secara langsung. Tempat wisata yang akan kami kunjungi meliputi Masjid Turen, The Bagong Adventure Museum Tubuh,Alun-alun kota Batu, Batu Secreet Zoo, dan Batu Night Spectacular. namun untuk pengamatan hanya dilakukan saat di Museum Tubuh dan setiap kelompok telah mendapatkan tugas mengamati organ tubuh sesuai kesepakatan sebelumnya.

Peserta Tour Perempuan
Kami berkunjung ke Museum Tubuh pada hari Ahad, 20 Desember 2015 bersama rombongan warga besar MTs Al Hikmah Cupel. riang gembira tentu yang kami rasakan. apalagi saya yang sedari awal pemberangatan lemas karena diserang mabok berkepanjangan langsung ceria saat memasuki jalanan kota Malang menuju Batu dimana banyak menyimpan memori suka duka selama 7 tahun berada di sana, wah jadi curcol nih ^_^.

The Bagong Adventure Museum Tubuh ini baru berdiri tahun 2014 lalu lho, letaknya tepat di sebelah kanan pintu masuk tempat wisata Jatim Park I. hanya dengan tiket Rp 60.000,00 saja, kita bisa menjelajah tubuh mulai dari mulut hingga bertemu awetan mayat cadaver sungguhan, hihiihi sereeem ya. saat kami berkunjung suasananya sangat ramai, karena selain weekend juga pas dengan liburan semester anak-anak sekolah, namun tetap seruu.

Pintu masuknya berbentuk kepala Bagong, karena Bagong terkenal sebagai anak yang cerdik dan pintar. Bagaimana isi di dalam mulut Bagong tersebut ya? penasaran tempat ini benar bisa digunakan untuk pendidikan kontekstual ndak ya? yuk langsung saja kita jelajah :-)

Tangan The Bagong
Dari luar sudah terlihat mulut dan gigi Bagong, dan kami disambut dengan ruangan besar yang berisi model raksasa dari organ otak, sayatan histologi manusia, cafe berbentuk mulut dan gigi sebagai tempat duduknya, kalimat-kalilmat untuk menjaga pabrik tubuh kita, dan beberapa model organ tubuh sperti paru-paru. karena saat itu bertepatan dengan perayaan Natal, maka berdiri pohon natal dan santaclause sebagai hiasan.
           
Model Otak Raksasa
Model Paru-Paru
Untuk menjelajah Museum Tubuh ini ada rutenya lho biar tidak tersasar dan supaya kita tahu argan apa saja yang akan kita lewati nantinya. selain itu kita harus melewati lift bergambar Bagong dahulu sebagai pintu utama menuju wahana anatomi tubuh manusia ini. 

Lift Pintu Utama
Rute Museum Tubuh



















Setelah memasuki lift, kita akan bergerak menuju gigi, kemudian menuju telinga, hidung, otak, mata, dan tempat pemeriksaan gigi, serta proses terjadinya hidung tersumbat. semua dipelajari melalui wawancara dengan nara sumber yang berada di setiap organ-organ tersebut, gambar-gambar dan animasi melalui keran air. berikut ini gambar-gambarnya supaya tidak penasaran ya.

Hidung
Otak
Fafa di Depan Mata
Pemeriksaan Gigi
Hidung Tersumbat
Saya mengajak Ibu mertua dan anak yang berusia 8 bulan, dia begitu antusias berjalan melewati museum tubuh ini. perjalanan selanjutnya adalah menuju pembuluh darah, melihat sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah, usus, lambung,  menuju jantung, kemudian hati dan pankreas, dan berakhir  di organ ginjal.

Sama seperti sebelumnya, semua organ adalah model sesuai bentuk aslinya. dilengkapi nara sumber, gambar dan video, bahkan pada bagian jantung diengkapi detak, serta lampu-lampu yang menunjukkan proses peredaran darah pada jantung. para siswa antusias untuk bertanya mulai dari bagian-bagian organ hingga penyakit yang bisa menyerang organ tersebut.

Darah
Nara Sumber Hati dan Pankreas
Ginjal
Jantung

Setelah menjelajah seluruh organ tubuh manusia, saatnya dilantai atas kita bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis dengan para ahli, wow asyik kan? namun, kemaren antriannya banyak sekali karena bertepatan dengan liburan sekolah. akhirnya kami melanjutkan perjalanan kembali menuju ruang kamar mayat, bioskop 3D, dan pemeriksaan kehamilan. di Ruang Ibu hamil terdapat beberapa model tentang perkembangan bayi mulai 0 bulan hingga siap untuk dilahirkan, kemudian ada pemeriksaan USG (Ultrasonographi) 

Suasana Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Pemeriksaan USG
Bagaimana para pembaca? puas kan dengan uraian di atas. semoga bisa melengkapi rasa ingin tahu anda tentang Museum Tubuh ini, sehingga tidak diragukan lagi The Bagong Adventure yang ada di Batu Malang ini bisa dijadikan alternative wisata edukasi anda dan keluarga. Enjoy your Holiday all ^_^

Tidak ada komentar: