Selasa, 09 Februari 2016

Meraup Rejeki Melalui Ternak Ayam


“Memelihara ayam itu adalah seni... kalo berpatokan pada rencana dan program namanya bikin patung ayam...”
Ungkapan di atas menandakan bahwa kita harus melakukan kegiatan yang kita senangi dan senangi apa yang kita lakukan. Berawal dari hobi berternak ayam, hingga mendatangkan rejeki barakah kepada Ahmad Prafitdin. Dia seorang sarjana perternakan yang sedang mengembangkan usaha di bidang ternak ayam hias, baik telurnya maupun ayamnya dijual.

“Barakah Farm Blitar” yang beralamat di Rt.03 Rw.01 Desa Jajar, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jatim menjadi brand yang akan mengantarkan usahanya pada kesuksesan. Selain ayam, dia juga menjual obat-obatan ternak, vitamin, disiinfektan, feed additive, mineral, dan pemicu telur. sejak tahun 2004, Prafitdin mulai belajar dan menekuni ternak ayam serta unggas dan tentunya banyak proses yang terjadi selama hampir 10 tahun berjalan.

Kendala yang uji cukup signifikan adalah kendala pendistibrusian eksport produk unggas, karena perjalanan jauh pasti ayam akan mengalami stress, muncul penyakit, hingga mati. Ke depannya ingin melakukan berbagai uji coba untuk pendistribusian unggas yang aman.

Ada berbaga jenis ayam yang dibudidayakan, namanya juga unik dan ada yang import unik-unik, diantaranya: phoenix, Poland, persilangan kedua jenis tersebut, cochin, ayam cemani, batik kanada, dan lain-lain. meskipun ayam hias tapi bisa dikonsumsi juga, telurnya supaya berkualitas dan diperkaya omega 3, 6, dan 9 ada obatnya juga.

Persilangan Phoenix, Batik Kanada, Cemani

Anakan Filipin
Ayam Cemani

Semakin menekuni pekerjaan dan menyenanginya, maka akan bernilai ibadah dan barakah, rejeki juga tidak akan ke mana. Sejauh ini usaha mandiri yang dilakukan Prafitdin sudah menuai hasil bersih sekitar 7-8 juta per bulannya dengan omset hampir 10 juta rupiah dengan pelanggan dari seluruh Indonesia bahkan mancanegara (Irlandia). Angka yang tidak sedikit bagi pengusaha muda ini. Dukungan keluarga, terutama istri dan anaknya menjadi semangat tersendiri untuk meraup rejeki yang halal.

Prafitdin dan Keluarga










Tidak ada komentar: