Senin, 30 Oktober 2017

Sehat Karena Sayuran

Sop, Menu Favorit Selain Telur Mata Sapi
Hari minggu adalah hari yang paling ditunggu oleh Faiza, karena setiap hari minggu sang Ayah akan menawarkan pergi jalan-jalan ke Taman atau paling tidak hanya sekedar jalan kaki bertiga sambil bercengkrama melihat pemandangan di sawah. Berbeda dengan hari itu, tiba-tiba Faiza badannya demam dan memuntahkan riyak berwarna putih.  Sang Ayah dan Bundapun khawatir dan segera menghampiri sang ank yang sedang kesakitan.

"Faiza, kenapa sayang kamu tiba-tiba demam, padahal tadi malam baik-baik saja?" Tanya bunda .

"Ndak tahu, bunda. Tenggorokan Faiza sakit sekali, batuk, kepala pusing, dan demam," Rengeknya.

"Apa efek dari minum sari buah kemarin ya bun, fafa jadi batuk," Papar Ayah mengingat kejadian sebelumnya.

"Hmm, bisa jadi yah apalagi cuaca tak menentu terkadang panas, terkadang hujan. " Bundapun segera mengambil obat batuk disertai penurun panas kemudian meminumkannya, Faiza suka karena obatnya rasa strawberi kesukaan dia. Setelah itu bunda menasehati agar tidak makan dan minum sembarangan ketika belanja di luar rumah, dan harus menuruti perkataan ayah dan bunda demi kebaikannya.

Alhamdulillah setelah minum obat 3x1 hari, kondisi Faiza nembaik dan dia kembali riang bermain seperti biasa, menyanyi,  loncat-loncat, bahkan mainan pasir dan air di halaman rumah.

Sore menjelang dan Faiza merasakan sakit di bagian perut karena seharian belum buang air dan hanya mengkonsumsi susu, teh manis,  dan sedikit biskuit.  Kemudian Faiza menuju kamar mandi. Sambil merintih kesakitan, Faiza memanggil bundanya.  "Bunda, Fafa tidak bisa buang air, sakit sekali." Rengeknya sambil memegan perut yang mules.

Bunda yang sedang memasak di belakang tergesa-gesa berlari menuju kamar mandi memeriksa kondisi anak semata wayangnya. "Bagaimana Nak, perutnya masih sakit? " tanya Bunda.

"Masih bun, tapi sudah tidak terlalu sakit seperti tadi,  dan pastinya sekarang Faiza lapar.. He.. He, " rayunya sambil memeluk bunda.  "oh iya bun, Faiza mau menu sepwrti biasanya, telur mata sapi andalan bunda mantab tiada duanya, " pintanya lagi. Bunda tersenyum sambil mengelus rambut hitam anaknya.

"Sayang, katanya tadi sakit perut dan dari tadi pagi kamu belum makan nasi, bunda sengaja membuatkan sop telur puyuh ditambah makaroni kesukaan kamu, pasti rasanya tidak kalah nikmat dibandingkan telur mata sapi. Bagaimana?" tawar sang bunda.

Bunda menceritakan kepada Faiza kalau di dalam sayur sop terkandung banyak sekali nutrisi, seperti: telur puyuh sebagai sumber protein hewani, wortel mengandung vitamin A yang bagus untuk mata, sawi dan kubis sebagai serat yang bagus untuk pencernaan. Walaupun Faiza masih berusia 3,5 tahun tapi bunda menyampaikan sedikit demi sedikit ilmu yang bermanfaat demi kesehatan anak.

Akhirnya, Faiza menerima tawaran bundany. "Ooo, begitu ya bunda. Faiza harus makan banyak sayuran yang berkuah biar perutnya tidak sakit lagi. Oke bunda, Faiza mau makan sayuran masakan bunda," pintanya dengan riang.

"Tepat sekali, pinternya anak bunda, ditunggu ya makanannya sudah siap," ucap bunda segera bergegas mengambilkan makanan buat Faiza. Kemudian Faiza makan dengan sayur sop telur puyuh, dan perutnya juga sudah tidak sakit lagi. Faiza yakin jika makan makanan sehat dan bersih, maka tubuh juga akan sehat dan tidak gampang terkena kuman penyakit.


Makan Sayur Hingga Tetes Terakhir


5 komentar:

Nur Azizah Perwitasari mengatakan...

Good zaq. senengnya Fafa suka sayur.. makanya tambah embem..

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

Iyaaa bude tita itu kejadian td pagi.. Lngsung kepikiran jadi cerita walau masih amatir or abal2.... Doakn istiqamah ga neng.. ๐Ÿ˜Š

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

Iyaaa bude tita itu kejadian td pagi.. Lngsung kepikiran jadi cerita walau masih amatir or abal2.... Doakn istiqamah ga neng.. ๐Ÿ˜Š

pamungkas agfa mengatakan...

Makasih mbak atas infonya. Buat pembelajaran kalo esok dah punya anak hihi

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

Sama-sama dek aghfa.... Smngat๐Ÿ˜Š