Kamis, 02 November 2017

Bintang Ular di Pantai Cupel

Seperti biasa, kegiatan MTs Al Hikmah Cupel setiap hari jum'at awal bulan adalah hari jum'at sehat dan bersih. Biasanya diisi dengan kegiatan jalan santai dari sekolah menuju ke Pantai Cupel. Para siswa sudah bersiap membawa bekal makanan dan minuman untuk dibawa ke Pantai, bahkan biasanya ada yang rujakan di Pantai. Wah, cocok sekali suasana dan lokasinya. Setelah dari Pantai, biasanya ada penegakan disiplin atau proses belajar seperti biasanya.

Pada saat di Pantai banyak hal yang bisa mereka lakukan. Ada yang bermain footsal, ada yang mengobrol sambil memandangi pantai, ada yang makan, bahkan jika air laut surut, mereka bisa menemukan kerang atau hewan laut yang bisa diidentifikasi secara langsung. Wah jadi sambil menyelam minum air ya 😊
Suasana Pantai Cupel Saat Air Surut
Gambar di atas menunjukkan kondisi pantai cupel saat surut. Selain bisa digunakan untuk foto-foto pada spot yang bagus, banyak yang memanfaatkan untuk bermain air dan berburu hewan laut. Ada yang menemukan ganggang dan ada juga yang menemukan bintang ular. Jujur baru kali ini saya melihat hewan tersebut secara langsung dan memegangnya.

Bintang Ular (Ophiuroidea)
Menurut klasifikasi makhluk hidup, Bintang ular laut termasuk dalam kingdom Animalia, filum Echinodermata (hewan dengan ciri berbentuk bulat dan berduri), class Ophiuroida. 
" Kelas ini hampir menyerupai bintang laut. Perbedaannya, lengan bintang ular sangat fleksibel dan bergerak layaknya ular. Oleh karena itu disebut dengan bintang ular laut".
Pantas saja saat memegang hewan tersebut, saya grogi sekali karena kaki durinya yang panjang berjalan merambat dengan cepat, namun menjadi pengalaman seru nan baru buat saya. 

Rencananya hewan tersebut mau saya awetkan untuk pembelajaran kontekstual mengenai avertebrata khususnya filum Echinodermata, namun belum terlaksana karena kendala bahan awetannya belum tersedia. 

Harapannya setelah ini bisa menemukan spesies lainnya, seperti bintang laut, landak laut, bahkan teripang. Dengan begitu pembelajaran IPA menjadi mudah, nyata, lebih seru dan menyenangkan. 😊 Semangat.

Bintang Ular Laut dan Duri di Kakinya


2 komentar:

Nur Azizah Perwitasari mengatakan...

Aku belum lihat Bintang Ular Laut itu ki. Emang ada ya. Haha tak pikir ndak ada jenis seperti itu. Mantabek banget. Asyik banget dekat dengan Pantai. Terus semangat ya ki. ODOP nya lancar ya

Zaqia Nur Fajarini mengatakan...

Iya neng azizah....hikmahnya gtu, kadang ada yg nemu ubur2 tpi blum terdokumentasikan. Aq jg seumur2 baru skali lhat scra nyata 😄....
Iya ni mikir mau nulis apa lagi y hmm